Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
KH-KH2
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang : Profesi Bidang arsip secara menyeluruh yang mencakup pengertian profesi arsiparis dan kearsipan; kegiatan kearsipan; komunitas dan kelompok arsip, organisasi profesi arsip; kode etik profesi arsiparis, pengembangan dan pembinaan arsiparis; peran arsiparis dalam masyarakat.
Capaian Pembelajaran
  • 4.1 Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep profesi bidang arsip, sejarah profesi, tugas pokok profesi, undang-undang dan peraturan di bidang arsip, yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis.
  • 4.2 Memiliki kemampuan menganalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam kegiatan profesi bidang arsip di perpustakaan dan lembaga informasi mapun di masyarakat.
  • 4.3 Memiliki kemampuan mengevaluasi dan mengkonstruksi secara kritis dan komprehensif kegiatan profesi bidang bidang arsip di era digital baik pada lingkup kearsipan dan lembaga informasi maupun pada masyarakat.
Daftar Pustaka:
  • 1. Antologi Kepustakawanan Indonesia. Sagung Seto 2. Darmono. 2010. Pengembangan Profesi Pustakawan: Dari Pustakawan Untuk Pustakawan. Dalam Media Pustakawan. 3. Darmono. 2013. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Malang: Bayu Media bejerjas sama dengan Fakultas Sastra UM. 4. Keselman, Martin Alan. 2004. Global Librarianship. New York; Marcel Dekker 5. PP No 24 tahun 2014. Tentang Pelasksanaan UU No 43 Tahun 2007 6. Purwono dan Sri Suharmni. 2010. Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia. Jakarta: UT 7. Shontz, Pricila K. 2007. A Day In The Life: Carier Option in Loibrary dan Information Science. London: :ibraries Unlimited 8. Sudarsono, Blasius. 2012. Pustakawan Cinta dan Teknologi. Jakarta: Sagung Seto 9. UU Kebebasan Informasi Publik 10. UU No 43 Tahun 2007. Tentang Perpustakaan