Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B20-SD2
Deskripsi:
Mata kuliah Pembelajaran Matematika ini mengkaji tentang hakekat pembelajaran matematika di SD, teori belajar matematika, kurikulum matematika SD, dan menyusun perangkat pembelajaran matematika serta praktik pembelajaran Matematika di disertai melaksanakan penilaian pembelajaran matematika di SD dengan menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif berorientasi PAIKEM BATIK
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai metodologi pembelajaran matematika di kelas tinggi
  • Mengkaji tentang karakteristik pembelajaran matematika SD di kelas tinggi
  • Menjelaskan ragam pendekatan, metode, model pembelajaran matematika SD di kelas tinggi
Daftar Pustaka:
  • Bennet Jr, AB & Nelson LT.2007. Mathematics for Elementery Teachers (7th/e0- An Activity Approach. New York: McGraw-Hill.
  • Burger, William F & Musser, Garry L. 2007. Mathematics for Elementary Teachers (Third Edition). Macmillan college Publishing Company, Inc.
  • D’Augustine, C dan Smith, Jr.C.W.. 1992. Teaching Elementary School Mathematics. New York: Harper Collins.
  • Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
  • Depdiknas. 2013/2016. Bahan Ajar Matematika SD Kelas 1-6.
  • Donphy, E., Dooley, T., dan Shield, G. 2014. Mathematics in Early Childhood and Primary Education (3-8 Years) definitons Theories, Development and Progression. Dublin: NCCA
  • Kagan, S. 2015. Cooperative Learning. Wee Co-op: Resources Theachers, Inc.
  • Mark L. John, dkk, 1985. Teching Elementary School Mathematics For Understanding. New York: Mc. Graw Hill.
  • Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • Streefland L. 1991. Realistics Mathematics Education In Primary School On the accasion of the opening of the Freudental Institute. Utrecht: Freudenthal Institute
  • Sugiarto, Isti Hidayah. 2006. Cara Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang.