Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
H20-SD3
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang wawasan seni, estetika, tujuan dan fungsi pendidikan seni tari anak SD, mengenal ruang lingkup, karakteristik, teknik-teknik dasar gerak tari dan mengapresiasi seni tari anak SD, dasar-dasar penciptaan kreasi gerak tari dan naskah tari anak, pembelajaran dan penilaiannya
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai substansi wawasan seni, estetika, proses kreatif dan apresiatif seni tari
  • Menganalisis dan merancang pembelajaran seni tari di sekolah dasar
  • Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran seni tari untuk sekolah dasar
  • Mengembangkan penciptaan kreasi gerak tarian dan naskah tari di sekolah dasar
Daftar Pustaka:
  • Hidayat, Robby. 2005. Koreografi Anak-Anak. Malang: Balai kajian Seni dan Desain Universitas Negeri Malang
  • Hidayat, Robby. 2009. Pengetahuan Seni Tari. Malang: Jurusan Seni Desain FS UM
  • Jazuli, M. 2008. Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Seni Tari. Semarang: UNNES Press
  • Purwatiningsih, N. H. 2004. Pendidikan Seni Tari-Drama di TK/SD. Malang. UM Press
  • Soehardjo, AJ. 2005. Pendidikan Seni dari Proses sampai Program. Malang: Penerbit Balai Kajian Seni dan Desain,Jurusan Seni dan Desain FS Malang
  • Soehardjo, AJ.2011. Pendidikan Seni strategi penataan dan pelaksanaan pembelajaran seni. Malang:Bayumedia
  • Wulandari, Retno Tri. 2015. Pengetahuan Koreografi Untuk Anak Usia Dini. Malang: Universitas Negeri Malang