Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
H22-SD3
Deskripsi:
Konsep, unsur-unsur pembangunan karya sastra; hakikat cerita anak-anak, unsur-unsur pembentuk cerita anak; konsep puisi anak, unsur pembangun struktur puisi, analisis puisi anak; konsep, unsur pembangun dan struktur drama anak-anak, analisis drama anak-anak; konsep apresiasi sastra anak, mengapresiasi karya sastra anak
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menganalisis konsep, jenis, dan unsur-unsur karya sastra anak berupa cerita, puisi, pantun, dan drama di Sekolah Dasar dengan kritis, kreatif, dan komunikatif
  • 2. Menguasai konsep dan menerapkan keterampilan apresiasi karya sastra anak secara reseptif dan produktif di Sekolah Dasar dengan kreatif dan inovatif
Daftar Pustaka:
  • Gamble, N. 2013. Exploring Children's Literature: Reading with Pleasure and Purpose, Third Edition. Los Angeles: SAGE
  • Kurniawan, H. 2013. Sastra Anak: dalam kajian Strukturalisme, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
  • Ramadhanti, D. 2016. Buku Ajar Apresiasi Prosa. Yogyakarta: Deepublish Publisher
  • Pinsent, P. 2017. Childern’s Literature. New York: Palgrave MacMillan Publishing
  • Warsiman, 2015. Menyibak Tirai Sastra. Malang: UB Press
  • Warsiman, 2017. Pengantar Pembelajaran Sastra : Sajian dan Kajian Hasil Riset. Malang: UB Press
  • Nurgiyantoro, B. 2016. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press
  • Moruzi, K., Smith, M.J., & Bullen, E. 2018. Affect, Emotion, and Childern’s Literature. New York: Routledge
  • Sarumpet, R.K.T., 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia