Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A5I-SD3
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang hakikat, perkembangan, dan dasar-dasar bahasa secara umum dan khusus dalam bahasa Indonesia untuk sekolah dasar; konsep, proses, dan karakteristik keempat keterampilan berbahasa dalam konteks kebahasaan Indonesia untuk sekolah dasar; kajian dan apresiasi sastra Indonesia untuk sekolah dasar secara reseptif dan produktif; serta konsep dan ragam literasi kebahasaan serta konteks wacana dalam bahasa Indonesia untuk sekolah dasar.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A5I-SD3
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang hakikat, perkembangan, dan dasar-dasar bahasa secara umum dan khusus dalam bahasa Indonesia untuk sekolah dasar; konsep, proses, dan karakteristik keempat keterampilan berbahasa dalam konteks kebahasaan Indonesia untuk sekolah dasar; kajian dan apresiasi sastra Indonesia untuk sekolah dasar secara reseptif dan produktif; serta konsep dan ragam literasi kebahasaan serta konteks wacana dalam bahasa Indonesia untuk sekolah dasar.
Capaian Pembelajaran
- Menganalisis hakikat, perkembangan, dan dasar-dasar bahasa secara umum dan khusus dalam kebahasaan Indonesia untuk sekolah dasar.
- Menelaah konsep, proses, dan karakteristik keempat keterampilan berbahasa dalam konteks kebahasaan Indonesia untuk sekolah dasar
- Melakukan kajian dan apresiasi sastra sastra Indonesia untuk sekolah dasar secara reseptif dan produktif.
- Menganalisis konsep dan ragam literasi kebahasaan serta konteks wacana dalam bahasa Indonesia untuk sekolah dasar
- Clark, Eve V. 2016. First Language Acquisition. New York: Cambridge University Press
- Dardjowidjodjo, S. 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
- Fahrurrozi., Wicaksono, Andri., 2016. Sekilas Tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca
- Harsiati, Titik., Trianto, Agus., & Kosasih, E. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
- Kemendikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa
- Krissandi, Apri D S., Widharyanto, B., Dewi, Rishe P. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Penerbit Media Maxima
- Mahsun, M.S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers
- Roskos, Kathleen A. 2015. Play and Literacy in Early Childhood. New York: Routledge
- Rumidjan. 2015. Dasar Keilmuan Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang
- Soedjito, Djoko Saryono. 2014. Morfologi Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media
- Teaching Literacy in the Twenty-First Century Classroom: Teacher Knowledge, Self-Efficacy, and Minding the Gap. 2020. Germany: Springer International Publishing
- Thompkins, G. E. 2010. Third Edition Literacy in The Early grades. United States of America: Pearson Education
- VanPatten, B., Keating, G. D., & Wulff, S. (Eds.). 2020. Theories in second language acquisition: An introduction. Routledge
- Voelkel, S., Kretzschmar, F. 2021. Introducing Linguistic Research. (n.p.): Cambridge University Press
- Teacher: Dra. Sutansi , M. Pd