Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C23
Deskripsi:
Konsep kesehatan olahraga, hubungan timbal balik antara kesehatan dan olahraga, respon dan adaptasi tubuh terhadap olahraga, rancangan dan evaluasi program olahraga untuk berbagai tujuan kesehatan, doping dan penyalahgunaan obat, overtraining, olahraga dan lingkungan, seks dan olahraga, olah raga pada anak, olahraga wanita dan olahraga lansia.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami dan menjelaskan konsep kesehatan olahraga, hubungan timbal balik antara kesehatan dan olahraga
  • Mampu menyusun rencana program olahraga atau aktivitas jasmani serta evaluasinya untuk meningkatkan, memelihara kesehatan/ kebugaran dalam berbagai tingkatan umur ( umur sekolah dasar, umur sekolah menengah, umur perguruan tinggi dan umur dewasa)
  • Mampu memahami dan menjelaskan respon dan adaptasi tubuh terhadap olahraga, doping serta penyalahgunaan obat
  • Memahami dan menjelaskan manfaat olahraga terhadap seks dan wanita serta dapat menyusun program olahraga/ aktivitas jasmani bagi wanita dan seks
  • Mahasiswa mampu dan menjelaskan pengaruh lingkungan terhadap olahraga dan overtraining
  • Mampu memahami semua aspek medis dan olahraga dalam peranannya untuk pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan maupun penerapannya dalam pelatihan olahraga prestasi
Daftar Pustaka:
  • Bloomfield,J., Fricker,P.A. and Fitch,K.D. 1992: Textbook of Science and Medicine in Sport, Blackwell Scientific Publication
  • Carless & Douglas, 2010. Sport and Physical Activity for Mental health. Wiley
  • Kenney, Wilmore & Costill. 2011. Physiology of Sports and Exercise. Human Kinetics
  • Santosa dkk, 2013. Ilmu Kesehatan Olahraga untuk mahasiswa. FPOK UPI
  • Winarno, M.E., 2018. MENDORONG PENGEMBANGAN LITERASI KEOLAHRAGAAN NASIONAL. JOURNAL PROCEEDING, 3(1)
  • Balagué, N., Torrents, C., Hristovski, R. and Kelso, J.A.S., 2017. Sport science integration: An evolutionary synthesis. European Journal of Sport Science, 17(1), pp.51-62
  • Reeser, J.C. and Bahr, R. eds., 2017. Handbook of sports medicine and science, Volleyball. John Wiley & Sons
  • Keogh, J.W., Gowthorp, L. and McLean, M., 2017. Perceptions of sport science students on the potential applications and limitations of blended learning in their education: a qualitative study. Sports biomechanics, 16(3), pp.297-312
  • Baker, J. and Farrow, D., 2015. Routledge handbook of sport expertise. Routledge
  • Holt, N.L. ed., 2016. Positive youth development through sport. Routledge