Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A2D-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah Peran Keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan matakuliah yang memiliki konten pengetahuan keilmuan implementasi Teknologi Pendidikan. Peran Teknologi Pendidikan merupakan implementasi yang mendasari pengembang teknologi pendidikan untuk menciptakan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola aplikasi dan implementasi Teknologi Pendidikan dalam bidang pembelajaran secara teoritik. Secara teoritis Peran pengembangan teknologi pendidikan berdasarkan keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan konstruksi pengambangan, pemanfaatan, pengelolaan dan dan bagaimana mengevaluasi secara teoritis dan praktis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara faktual, konseptual dan prosedural terhadap keilmuan Teknologi Pendidikan. Topik-topik yang diajarkan pada mata kuliah ini meliputi: Pengenalan Profesi TEP melalui berbagai kasus, emerankan TEP melalui Proyek keilmuan untuk membantu masyarakat, Kode Etik Profesi Teknologi Pendidikan, Peran Kode Etik bagi profesi dan keilmuan TEP, Lembaga Profesi yang menaungi keilmuan TEP, Peran-peran TEP dalam berbagai sisi kehidupan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki kemampuan membuat desain media, teknologi, dan produk desain instruksional berdasarkan prinsip pembelajaran dan praktik serta membuat keputusan profesional dalam memilih proses dan sumber daya yang tepat untuk memberikan kondisi yang optimal untuk belajar berdasarkan prinsip, teori, dan praktik yang efektif.
  • Mahasiswa memiliki sikap dalam mengkonstruksi pembelajaran dalam menghargai keilmuan pengelolaan pembelajaran, kepekaan terhadap pebelajar sebagai pengguna hasil desain sebagai salah satu lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok sehingga secara khusus dapat menunjukkan, melakukan pengelolaan proses desain pembelajaran berdasarkan keragaman pebelajar dan lingkungan yang multikultural.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menetapkan mekanisme dalam menjaga infrastruktur teknologi, mengelola lingkungan belajar untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja serta memberdayakan keberagaman karakteristik pebelajar.
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.
  • Jonassen. 2001. Handbook of Research on Educational and Communications Technology. Lawrence Earlbaum Publisher
  • Jonassen. 2004. Handbook of Research on Educational and Communications Technology. Lawrence Earlbaum Publisher
  • Praherdhiono,et.al. 2019. Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang
  • Praherdhiono,et.al. 2018. Komunitas Blended Learning.https://www.academia.edu/33310232/KOMUNITAS_BLENDED_LEARNING
  • Praherdhiono,et.al. 2018. Konstruksi Internet Sehat melalui Pemberdayaan Guru dengan Teknologi Jejaring Pembelajaran. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.
  • Praherdhiono, et.al. 2017.Teknologi Pada Media Pembelajaran. http://www.academia.edu/33311004/TEKNOLOGI_PADA_MEDIA_PEMBELAJARAN
  • Praherdhiono, et.al. 2017. Pembelajaran Berbasis Komputer. Academia. Retrieved from https://www. academia. edu/33916075/Pembelajaran_Berbasis_Komputer
  • Praherdhiono, et.al. 2020. Pendekatan Heutagogy Pada Pengembangan Sumber Belajar Digital Di Bidang Vokasi