Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-07HG
Deskripsi:
Membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang: model, proses desain, analisis, implementasi, evaluasi, serta dokumentasi pengembangan perangkat antarmuka, untuk interaksi manusia-komputer.
Capaian Pembelajaran
  • Menelaah manusia sebagai suatu sistem, piranti masukan dan keluaran yang dimiliki manusia, proses penyimpanan dan pengambilan informasi pada manusia, proses berpikir manusia, serta perbedaan tiap-tiap individu.
  • Menguasai konsep user interface dan ragam dialog
  • Merancang user interface menggunakan LKT dan card sorting, serta prototipe, observasi, dan interview
  • Menguasai evaluasi dan heuristik design
  • Membuat IDEO cart design
  • Membuat design dengan bantuan storyboard, paper prototype, dan mockups
  • Membuat design heuristic
  • Menguasai konsep Typography, reading dan navigating, dan assigning dan participants to conditions
  • Menganalisis studi kasus in person experiments dan running web experiments
  • Membuat project perangkat lunak berbasis interaksi manusia komputer
Daftar Pustaka:
  • Kisacanin, Branislav, dkk. (ed.). 2005. Real-Time Vision for Human-Computer Interaction. New York: Springer-Verlag.
  • Shneiderman, Ben dan Plaisant, Catherine. 2005. Designing The User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction. Singapore: Addison-Wesley.