Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
KH-KH
Deskripsi:
-(a) Permasalahan pendidikan seni dan pembelajaran seni di lapangan, (b) penulisan makalah, (c) menyajikan makalah dalam seminar terbatas dan dalam jurnal ilmiah.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami perkembangan konsep, tujuan, bahan kajian pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian pendidikan seni rupa di Indonesia dan Mancanegara
  • 2. Mengkaji berbagai permasalahan pendidikan seni yag daikibatkan oleh kesenjangan dalam pelaksanaan konsep, tujuan, bahan ajar, dan persepsi, lingkungan budaya, atau oleh sebab yang lain
  • 3. Menganalisa dan memecahkan permasalahan pendidikan seni rupa di lapangan melalui pendekatan psikologi, sosial, budaya, historis, kebijakan, atau melalui pendekatan lainnya.
Daftar Pustaka:
  • Suhardjo. AJ. 2012. Pendidikan Seni Dari Konsep Sampai Program. Malang: UM & Bayu Media Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Penerbit UM Suwarna dkk. 2005. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana. Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Afabeta Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia. Syamsuru, Istamar & Ibrohim. 2008. Lesson Study. Malang: FMIPA UM Yamin, Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivitis. Jakarta: Referensi