Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
PR-BK
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami konsep/teori landasan sosial budaya bimbingan yang dikaitkan dengan rencana bantuan yang mencakup tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur layanan bimbingan dan konseling khususnya pada sekolah formal dan jenjang pendidikan menengah dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif

  • Mampu memahami teori/konsep, prosedur dan hasil analisis kebutuhan aspek-aspek sosial budaya siswa (konseli)

  • Menguasai faktor sosial budaya yang melandasi pemikiran bimbingan dan konseling di Indonesia dan mampu secara aktif memecahkan masalah yang dialami oleh konseli dalam kehidupan nyata, dengan mengintegrasikan secara iternal yakni antarpokok bahasan dan secara eksternal yakni konsep-konsep pokok yang relevan di bidang antropologi, sosiologi dan psikologi melalui langkah-langkah pemecahan masalah.
  • Mampu menganalisis kebutuhan secara terbatas pada aspek sosial budaya siswa, dan menggunakan hasil analisis kebutuhan pada aspek-aspek sosial budaya siswa (konseli) untuk mengembangkan rencana bantuan bimbingan dan konseling (dalam bentuk rencana pelaksanan bimbingan dan konseling, RPLBK) yang komprehensif dan memandirikan yang bersifat developmental, preventif, kuratif, dan perseperatif serta kolaboratif pada jenis sekolah formal dan jenjang satuan pendidikan menengah dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif,

  • Mampu merancang rencana bantuan yang telah disusun yang bisa mencakup layanan dasar atau layanan responsive atau perencanaan individual atau dukungan sistem secara klasikal atau kelompok atau individual dengan menggunakan metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan (konseli) yang berasal dari keberagaman sosial budaya dalam jenis sekolah formal dan jenjang satuan pendidikan menengah

Daftar Pustaka:
  • Bahan-bahan yang dituangkan dalam Edmodo dan flipbook

  • Christiansen, E. T., Kuure, L., Mørch, A., & Lindström, B. 2013. Problem-Based Learning for The 21st Century. Denmark: Aalborg University.

  • Atmoko, Adi. 2015. Landasan Sosial Budaya Bimbingan Berbasis Pemecahan Masalah. Malang: Universitas Negeri Malang Press

  • Paul B. Pedersen; Hugh C. Crethar; dan Jon Carlson. 2008. Inclusive Cultural Empathy: Making Relationships Central Incounseling and Psychotherapy. Washington DC: APA.

  • Sumber-sumber on line dalam bentuk jurnal dan tayangan video National Geographic

  • Artikel-artikel hasil penelitian yang relevan di berbagai jurnal ilmiah