Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
D22-BK
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengembangkan program bimbingan pribadi, social, belajar dan karir dengan menggunakan pendekatan bimbingan kelompok.
  • Mahasiswa terampil dalam melaksanakan layanan bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir dengan menggunakan pendekatan bimbingan kelompok.
  • Mahasiswa mampu menjadi pemimpin kelompok dalam setiap tahapan perkembangan kelompok.
Daftar Pustaka:
  • Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam jalur pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas
  • Geroski, Anne M. 2010. Igroups In Schools, Preparing, Leading and Responding. New Jersey: Pearson Education,Inc.
  • Kemendikbud Dirjen GTK .2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas.
  • Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan dasar dan Menengah.
  • Rusmana, Nandang, 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi.
  • Tatiek Romlah, 2013. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • Wastegaard, Jane. 2009. Effective Group With Young People. Berkshire: Open University Press
  • Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan dasar dan Menengah.
  • Rusmana, Nandang, 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi.
  • Tatiek Romlah, 2013. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.