Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang: sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum 2013 untuk mata pelajaran IPS, peran dan nilai pembelajaran terpadu dalam IPS, model pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPS, permasalahan, hambatan, dan tantangan dalam penerapan pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS, strategi pengkajian bahan ajar IPS, telaah buku teks mata pelajaran IPS, dan pengembangan materi IPS.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami prinsip-prinsip dasar pengembangan kurikulum.
  • Menerapkan pembelajaran terpadu dalam IPS sesuai dengan tuntutan kurikulum.
  • Mengkritisi dan memilih buku teks yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran IPS sesuai dengan maknanya dan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Daftar Pustaka:
  • Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Bactiar Rifai, 1972. Manusia, Ilmu Pengetahuan, dan Kelangsungan Hidup” (Suatu Renungan untuk Kurikulum Geografi).
  • Enoh, Mochamad. 2010. Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter secara Terintegrasi dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi di SMA. Prosiding Seminar Nasional “Peranan Pendidikan Geografi dalam Pembangunan Wilayah dan Mitigasi Bencana” PIT IGI Unesa (120-132). Surabaya: CV Istana.
  • Hayati, Sri. 2010. Proporsi Kurikulum Geografi dalam Pendidikan Dasar dan Ilmu Pengetahuan. Semarang: IKIP SEMARANG.
  • Mulyasa E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  • Permendikbud No. 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Kompetensi Inti.
  • Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Sumaatmadja, N. 1989. Geografi: Nilai dan Peranannya dalam Pendidikan. Lembara.
  • Sumantri, Mulyani. 1988. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen.
  • Sumardianta, J. 2013. Guru Gokil Murid Unyu. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
  • Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.