Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-ABC
Deskripsi:
- Profesi guru dan profesionalisme pendidik - Guru sebagai pendidik di Abad 21 - Permasalahan guru dalam pendidikan sains/biologi di Indonesia - Model pendidikan guru dan pengembangan keprofesiannya - Lesson Study for Learning Communit (LSLC)
Capaian Pembelajaran
  • Memahami makna, kedudukan, kompetensi guru, serta ciri guru profesional berdasarkan UUGD (tahun 2005) dan peraturan terkait
  • Menganalisis permasalah guru sains/biologi dalam konteks pelaksanaan tugas pendidikan dan pembelajaran
  • Memahami konsep dan model pengembangan keprofesian guru berkelanjutan (CPD)
  • Memahami dan menerapkan konsep, prinsip dan prosedur Lesson Study for Learning Community (LSLC) dalam pengembangan keprofesian pendidik (guru dan calon guru)
  • Mempublikasikan lesson learned dari kegiatan pengembangan keprofesian berbasis komunitas belajar
Daftar Pustaka:
  • ______, (2017). Perubahan PP 74 tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Mensegneg.
  • ______, (2017). Permenristekdikti nomor 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru. Jakarta: Kemristekdikti.
  • Cerbin, William dan Kopp, Bryan. (2006) Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Volume 18 (3), 250-257.
  • Darling-Hammond, L. (2000). Teacher Quality and Student Achievement: A Review of State Policy Evidence. Education Policy Analysis Archives. Volume 8(1)
  • DuFour, R., DuFour, R., Eaker, R., dan Many, T. (2010). Learning by Doing: A Handbook for Professional Learning Communities at Work (Second Edition). Bloomington: Solution Tree Press.
  • Hargreaves, D. H. (1999). The knowledge-creating school. British Journal of Educational Studies, 47(2), 122–144.
  • Ibrohim (2010). Kajian Komparasi Rencana Pembelajaran (RPP) IPA Guru Indonesia dan Lesson Plan Guru Jepang. Prosiding Seminar Nasional Lesson Study IV. FMIPA UM.
  • Ibrohim, Susilo, H., Fachrunisa dan Zainuddin (2022). Pemetaan Profil Pemahaman dan Praktik Pembelajaran Inovatif Guru Biologi Jawa Timur dan Upaya Pengembangannya untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Laporan Akhir Hibah Penelitian Percepatan Profesor (belum terpublikasikan). Malang: LP2M.
  • ______, (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Mensesneg.
  • ______, (2008). Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Mensegneg
  • PMPTK. (2010). Panduan Kerja Program Induksi Guru Pemula. Jakarta: Program BERMUTU.
  • Sato, Manabu (2013). Mereformasi Sekolah: Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Jakarta: PELITA JICA
  • Syamsuri, Istamar dan Ibrohim. (2011). Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: UM Press.
  • Stoll, L., dan Louis K.S. (2007). Professional Learning Community: Divergence, Depth, and Dilemmas. Berkshire: Open University Press.
  • Suratno, T., Ibrohim, Joharmawan, R., Chotimah, H, dan Takasawa, N. (2019). Harbinger of Lesson Study for Learning Community in Indonesia, dalam buku Lesson Study and Schools as Learning Communities: Asian School Reform in Theory and Practice. London: Routledge.
  • UNESCO. (2019). Teacher Policy Development Guide. France: The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.