Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A21-SD1
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang Hakikat IPS; konten IPS (fakta, konsep, generalisasi); nilai, sikap dan keterampilan IPS; masalah-masalah sosial dalam IPS; kedudukan dan peran individu sebagai pribadi dan anggota masyarakat; saling ketergantungan antara manusia dengan lingkungan; membiasakan diri bersikap peka, tanggap, dan adaptif terhadap lingkungan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A21-SD1
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas tentang Hakikat IPS; konten IPS (fakta, konsep, generalisasi); nilai, sikap dan keterampilan IPS; masalah-masalah sosial dalam IPS; kedudukan dan peran individu sebagai pribadi dan anggota masyarakat; saling ketergantungan antara manusia dengan lingkungan; membiasakan diri bersikap peka, tanggap, dan adaptif terhadap lingkungan
Capaian Pembelajaran
- Menganalisis konten IPS, masalah-masalah sosial dan peran individu dalam masyarakat, saling ketergantungan antara manusia dengan lingkungan dengan menerapkan 4 K (kreatif, berpikir kritis, kolaboratif, dan komunikatif)
- Menyintesis nilai-nilai dan sikap IPS di SD
- Menerapkan keterampilan-keterampilan dalam IPS di SD
- Barth. J.L. 1990. Methods of Social Studies Education. Lanhan Maryland: University Press of Amerika
- Mukminan, dkk. 2000. Pendidikan Ilmu Sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
- Somantri, Noman. 2001. Menggagas Perkembangan Pendidikan IPS. Bandung: FPIPS UPI dan Remaja Rosdakarya
- Taneo, Silvester P dkk. 2009. Kajian IPS SD. DIRJEN DIKTI-DEPDIKNAS
- Teacher: Oktaviani Adhi Suciptaningsih