Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
18A-PLS
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Memahami orientasi perkuliahan
  • Memahami konsep, substansi, kontestasi paradigma, teori, dan ruang lingkup
  • Menelaah pemetaan kebutuhan, aktor, dan ekosistem pemberdayaan masyarakat.
  • Menelaah norma, standar, prosedur, dan kriteria; strategi, metode, dan model pemberdayaan masyarakat kontekstual;
  • Menganalisis program aksi pemberdayaan masyarakat
  • Menganalisis Metode pemberdayaa masyarakat
  • Menemukenali Model-model pemberdayaan masyarakat yang inovatif
  • Menemukenali studi kasus model pemberdayaan masyarakat yang Inovatif di perkotaan
  • Menemukenali studi kasus model pemberdayaan masyarakat yang inovatif pada masyarakat desa transisi
  • Menemukenali studi kasus model pemberdayaan masyarakat yang inovatif pada masyarakat pedesaan.
  • Menemukenali studi kasus model pemberdayaan masyarakat yang inovatif pada masyarakat pedalaman
  • Menemukenali studi kasus model pemberdayaan masyarakat yang inovatif pada masyarakat pesisir pantai.
  • Menemukenali studi kasus model pemberdayaan masyarakat yang inovatif pada masyarakat adat
  • Revieuw studi kasus model pemberdayaan masyarakat di berbagai Daerah
Daftar Pustaka:
  • Alfitri. 2011. Community Development. Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Chabib Soleh. 2014. Dialektika Pembangunan dengan Pemberdayaan.Bandung: Fokus Media.
  • Harry Hikmat. 2006. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Humaniora Utama.
  • Kenny, Sue,Brian McGrath, Rhonda Phillips.2019. The Routledge Handbook of Community Development Perspectives From Around the Globe.New York: Routledge.
  • Phillips, Rhonda, Eric Trevan, and Patsy Kraeger (eds). 2020. Research Handbook on Community Development, Massachusetts Edwar Edgar Publishing.
  • Robyn Eversole, 2014. Knowledge Partnering for Community Development, London: Routledge.
  • Voyageur, Cora, Laura Brearley, BrianCalliou (eds.), Restorying Indigenous Leadership: Wise Practices in Community Development, Canada: Banff Centre Press 2014.
  • Sumaryo Gitosaputro dan Kordiyana K Rangga. 2015. Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta:
  • Totok Mardikanto dan Poerwoko Soebiato, 2018. Bandung: Alfabeta.
  • Wilson, Stacey-Ann ,2014. Identity, Culture, and Politics of Community Development. Bristol: Cambridge Scholars Publishing.
  • UNESCO. 2011. Sustainability of Community Learning Centers: Community Ownership and Support. Bangkok: UNESCO.
  • Bustami, Abdul Latif dan A. Arsyad. 2009. Filosofi Adat Pakelem dan Aplikasinya dalam Kebijakan Pengelolaan Pesisir dan Laut di Bali, Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan.
  • Bustami, Abdul Latif dan A. Arsyad.2010. Revitalisasi Pranata Sosial Adat (Mane’e dan Seke) di Provinsi Sulawesi Utara, Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan.
  • Bustami, Abdul Latif, Tety Murniati, Raissa (Peny,). 2015. Kearifan Lokal Masyarakat Hukum Adat, Masyarakat Tradisional, dan Masyarakat Lokal di 5 (Lima) Wilayah ProgramCoastal Community Development Project-International Fund for Agricultural Development (CCDP-IFAD). Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pengembangan Usaha. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan.
  • Acuan Penerapan Participatory Rural Appraisal. Konsorsium Pengembangan Dataran Tinggi Nusa Nusantara
  • Ziel Orientierte Projekt Planung (ZOPP) an introduction to the method. Frakfurt am Main.