Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
PAI-PAI
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan kelompok matakuliah paket PAI yang didesain untuk mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan akidah dan akhlak dari al-Qur’an dan Hadith secara tekstual dan kontekstual yang dilakukan secara dialogis, komprehensif, dan multiperspektif. Topik bahasannya meliputi: (1) pengertian aqidah, (2) hakikat dan rukun iman, (3) manifestasi rukun iman dalam kehidupan, (4) sejarah dan pemikiran ilmu kalam, (5) konsep, sumber, dan ruang lingkup akhlak dalam Islam, (6) urgensi akhlaq dalam kehidupan, (7) macam-macam akhlak mulia dan akhlak tercela, dan (8) penghayatan dan pengamalan akhlak mulia dalam kehidupan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa (1) menjelaskan sejarah, konsep-konsep utama akidah Islam dan aliran-alirannya ; (2) menerangkan urgensi akhlak, konsep, berbagai macam akhlak terpuji dan tercela menurut Islam; (3) memilih aliran aqidah secara mandiri dan bertanggung jawab serta meyakininya sesuai dengan al-Qur’an dan Hadits dengan memberikan argumen aqli dan naqli; (4) berakhlak mulia dalam berbagai keadaan sesuai dengan situasi dan kondisi.
Daftar Pustaka:
  • 1. Hanafi, A. Pengantar Teologi Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989 2. Shabir, Muslih. Aqidah Islam Menurut Ibn Taimiyah. Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1983 3. Nasution, Harun. Sejarah Teologi Islam. Jakarta: UI-Press. 2006 4. Madjid, Nurcholish. Islam; Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Penerbit Yayasan Paramadina, 1993. 5. Al-Baghdadi, Abdul-Qahir. al-Farq baynal Firaq. Dar al-Kutubil-^Ilmiyyah, Beirut, 6. Al-Syahrastani. Al-Milal wa al-Nihal. Kairo: Mustafa al-Babi al-Halabi, 1967. 7. Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. Ihya` ‘Ulumuddin. 8. Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers, 2010. 9. Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang, 1993 10. Ibn Hamzah, Imam Yahya. Riyadhah; Upaya Pembinaan Akhlak Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002 11. Tim Dosen PAI UM. Pendidikan Islam Transformatif: Menuju Pengembangan Pribadi Berkarakter. Malang: CV. Gunung Samudera, 2013.Darmayekti, Ganjar, "Tracing Foto Menggunakan Gradient Mesh", PT Elex Media Komputindo,2007