Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang teori dan praktik berkomunikasi lisan yang dilakukan di depan publik, seperti presentasi ilmiah, pidato formal maupun informal, serta proses pembuatan konten kreatif media. Selama perkuliahan, mahasiswa akan diberikan materi terkait identifikasi audiens, merencanakan pesan untuk publik, memahami respons audies, serta bagaimana melakukan evaluasi hasil. Dalam perkuliahan ini, mahasiswa juga akan dilatih untuk melatih keberanian dan kreativitas berbicara, metode ice breaking, penggunaan bahasa tubuh ketika berbicara, serta penggunaan alat bantu sebagai upaya untuk mencapai efektivitas dalam komunikasi publik. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi keunikan pribadi mereka, serta mengembangkan keterampilan berbicara yang menarik, meyakinkan, dan menginspirasi.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep komunikasi yang berfungsi sebagai dasar untuk berbicara secara efektif dan menerapkan pengetahuan konseptual dalam praktik pidato yang efektif
  • Mahasiswa mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris secara pasif dan aktif dalam konteks ilmiah maupun profesional
  • Mahasiswa mampu menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan presentasi, negosiasi dan penulisan pesan komunikasi dalam konteks ilmiah dan profesional
Daftar Pustaka:
  • Ellis, K. (1995). Apprehension, self‐perceived competency, and teacher immediacy in the laboratory‐supported public speaking course: Trends and relationships. Communication Education, 44(1), 64-78.
  • Jensen, K. & Williams, D. (1998). Teaching the honors public speaking course. Basic Communication Course Annual, 10(1), 133-157.
  • Morreale, S., Valenzano, J., & Bauer, J. (2017). Why communication education is important: A third study on the centrality of the discipline’s content and pedagogy. Communication Education, 66(4), 402-422.
  • Morreale, S. (2010). The competent public speaker. New York, NY: Peter Lang.
  • Valenzano, J., Wallace, S., & Morreale, S. (2014). Consistency and change: The (r)evolution of the basic cmmunication course. Communication Education, 63(4), 355-365.
  • Wesp, R., Kash, M., Sandry, J., & Patton, L. (2013). Should syllabi communicate expectations regarding appropriate classroom behaviors? Syllabus, 2(2), 1-10.