Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A2A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang filsafat dan teori pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Unsur sikap berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang sejarah dan filsafat sebagai ilmu dan pandangan hidup, wawasan yang luas tentang cara berpikir yang rasional sistematis dan radikal, landasan pemikiran filsafat pendidikan, dan berpikir kritis yang dilandasi oleh aliran-aliran dan mashab-mashab dalam filsafat. lembaga/satuan pendidikan, guna mengkaji permasalahan dan pemecahannya sesuai dengan karakteristik perubahan pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai sejarah dan filsafat sebagai ilmu dan pandangan hidup
  • Menguasai wawasan yang luas tentang cara berpikir yang rasional sistematis dan radikal
  • Menguasai landasan pemikiran filsafat pendidikan.
  • Berpikir kritis yang dilandasi oleh aliran-aliran dan mashab-mashab dalam filsafat.
Daftar Pustaka:
  • https://doi.org/10.3390/su12125153
  • Chairul Anwar. (2017). Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD.
  • Emanuele Isidori, Mascia Migliorati, Claudia Maulini, Rafael Ramos Echazarreta. (2015). Educational Paradigms and Philosophy of Football Coaching: A Theoretical and Practical Perspective, Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 197, 2015, Pages 614-621,https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.203. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815042044)
  • Feida Noorlaila Isti`adah & Rahmat Permana. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.
  • Hisarma Saragih, dkk. (2021). Filsafat Pendidikan. Penerbit Yayasan Kita Menulis.
  • Muhammad Anwar. (2017). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  • Nur A. Fadhil Lubis. (2015). Pengantar Filsafat Umum. Medan: Perdana Publishing.
  • Sardianto Markos Siahaan. (2019). Filsafat Pendidikan. Palembang: Universitas Sriwijaya.
  • Sembodo Ardi Widodo. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Aliran-Aliran Filsafat. Yogyakarta: Idea Press.
  • Suaedi. (2016). Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: IPB Press.
  • Teguh Triwiyanto.(2023). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. V
  • alverde-Berrocoso, Jesús, María del Carmen Garrido-Arroyo, Carmen Burgos-Videla, and María Belén Morales-Cevallos. (2020). "Trends in Educational Research about e-Learning: A Systematic Literature Review (2009–2018)" Sustainability 12, no. 12: 5153.