Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A2C-TEP
Deskripsi:
Mata kuliah psikologi pendidikan ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk memahami perilaku siswa dan perubahan-perubahannya, sebagai akibat proses pembelajaran serta mampu membimbingnya dalam mencapai prestasi belajar yang maksimal secara efektif dan efisien. Mulai dari memahami konsep umum tentang psikologi pendidikan, metode riset, perkembangan kognitif dan linguistik, perkembangan pribadi dan sosial, perbedaan kelompok dan individual serta kebutuhan memperoleh pendidikan khusus, proses kognitif tingkat tinggi, motivasi, strategi pengajaran, asesmen kelas, dan implikasi psikologi dalam pendidikan
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, dan pendekatan dalam psikologi pendidikan dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, inovatif, dan komprehensif berdasarkan teori-teori psikologi pendidikan.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara multidisiplin dengan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega, profesi lain, dan berbagai lembaga yang relevan dalam rangka menciptakan dan mengelola jasa profesi secara multidisiplin dalam bidang psikologi pendidikan.
Daftar Pustaka:
  • London: Constable.
  • Adams, N. E. (2015). Bloom's taxonomy of cognitive learning objectives. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 103(3), 152–153.
  • Bloom, BS. (1956). Taxonomy of educational objectives: the classification of educational goals. New York: Longmans, Green.
  • Bonesso, Sara., Bruni, Elena., & Gerli, Fabrizio. (2020). Behavioral competencies of digital professionals understanding the role of emotional intelligence. Switzerland: Springer Nature.
  • Damai, S., Effendi, R., & Sulaiman, S. (2019). The teacher achievement motication as an intervening variable in relationship between teacher’s profesionalism, principal’s leadership and teacher’s performance of state high school in Banjarmasin City.
  • Journal of K6 Education and Management, 2(1), 23-35.
  • Darling-Hammond, Linda., & Cook-Harvey, Channa, M. (2018). Educating the whole child: improving school climate to support student success. Learning Policy Institute: Educating the Whole Child.
  • De Graaff, Erik., & Kolmos, Anette. (2003). Characteristics of problem-based learning. International Journal of Engineering Education, 19(5), 657-662.
  • Dewey, John. (1938). Experience and education. New York: Touchstone Rockefeller Center.
  • Piaget, J. (1976). Piaget’s Theory. In: Inhelder B., Chipman H.H., Zwingmann C. (eds) Piaget and His School. Springer Study Edition. Berlin, Heidelberg: Springer.
  • Gagné, Robert M. (1970). The conditions of learning. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
  • Gagné, Robert M. (2010). Instructional technology: Foundations. New York: Routledge.
  • Islam, Asad. (2019). Parent–teacher meetings and student outcomes: Evidence from a developing country. European Economic Review, 111(1), 273-304.
  • Jalinus, Nizwardi., Nabawi, Rahmat Azis., & Mardin, Aznil. (2017).The seven steps of project based learning model to enhance productive competences of vocational students. International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017). Atlantis Press, 251- 256.
  • Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2011). Kolb learning style inventory 4.0. Boston MA: Hay Group.
  • Maslow, Abraham H. (1954). Motivation and personality. New York: Harper & Row, Publishers, Inc.
  • Purnomo, Halim. (2019). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.
  • Rogers, Carl (1961). On becoming a person: A therapist's view of psychotherapy.
  • Schunk, Dale H. (2012). Learning theories: an educational perspective. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Thorndike-Christ, Thorndike. (2014). Measurement and evaluation in psychology and education. United States of America: Pearson Education Limited Creasy.