Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-D11
Deskripsi:
Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan berfokus pada upaya memberikan pemahaman secara menyeluruh, peningkatan motivasi belajar, serta pengembangan keterampilan mahasiswa sebagai warga negara yang bangga dan cinta terhadap tanah air. Secara terperinci, matakuliah ini menyajikan konsep dan urgensi pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi; identitas nasional sebagai dasar pembentuk karakter bangsa; integrasi nasional sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa; penerapan UUD NRI tahun 1945 sebagai konstitusi di Indonesia; hak dan kewajiban warga negara dalam kehidupan demokrasi; hukum yang berkeadilan dalam konteks gerakan antikorupsi; wawasan nusantara; ketahanan nasional; serta proyek kewarganegaraan sebagai dukungan nyata pembangunan berkelanjutan. Matakuliah Pengantar Ilmu Kependidikan ini berisi kajian secara komprehensif dan kontekstual untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sebagai berikut: (1) Dasar-dasar pendidikan yang meliputi hakikat manusia dan pengembangannya, sejarah pendidikan, landasan pendidikan, dan asas pendidikan, yang meliputi materi tentang dimensi keindividualan, dimensi kesosialan, dimensi kesusilaan, dimensi keberagamaan,pengembangan dimensi manusia, sejarah pendidikan dunia dan Indonesia, dan etika profesi pendidik .(2) Keilmuan kependidikan yang meliputi teori pendidikan (grand teori), pendidikan sebagai ilmu, pendidikan sebagai sistem,yang meliputi materi tentang teori nativisme, empirisme, naturalisme, konvergensi, dan pengembangannya. (3) Aspek dinamik pendidikan yang meliputi pembaharuan pendidikan dan permasalahan pendidikan yang diantaranya meliputi materi tentang pendidikan karakter dan multikultural dalam pendidikan; pendidikan antikorupsi serta hasil studi kasus mengenai pendidikan yang berkulitas sebagai dukungan nyata pembangunan berkelanjutan.
Capaian Pembelajaran
  • Menelaah dasar-dasar pendidikan
  • Menganalisis keilmuan kependidikan
  • Menganalisis aspek dinamika pendidikan
  • Menganalisis permasalahan pendidikan dalam konteks mendukung gerakan antikorupsi
  • Mengidentifikasi kasus pendidikan dalam konteks memperkuat keterlibatan pada pembangunan berkelanjutan (SDGs).
Daftar Pustaka:
  • Ahmadi, Abu. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pres
  • Darmaningtyas & Edi Subkhan. 2012. Manipulasi Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Resist Book
  • Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  • Merry, M. Merryfield and Wilson, Angene. 2005. Social Studies and The World: Teaching Global Perspectives. United States of America: National Council for The Social Studies.
  • Moisio, O.P. & Suoranta, J. 2007. Hope and Education In The Era Of Globalization. In Klas Roth And Ilan Gur-Ze’ev (Eds.). Education In The Era Of Globalization, Chapter 13. Dordrecht, The Netherlands: Springer.
  • Ornstein, A.C. & Levine, D.U. 2008. Foundations of Education. 10th Ed. Boston: Houghton Mifflin Company.
  • Redja Mudyahardjo. 2006. Pengantar Pendidikan; Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  • Rohman, A. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama
  • Sadulloh, U. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  • Salam, Burhanuddin. 2002. Pengantar Paedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.