Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
K-MBKM
Deskripsi:
Capaian pembelajaran matakuliah ini mahasiswa mampu menganalisis dan merancang strategi pembelajaran secara inovatif, menyenangkan dan berbasis teknologi informasi komunikasi. Ruang lingkup mata kuliah ini berisi tentang hakekat strategi pembelajaran, menganalis penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran, memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai, memilih model pembelajaran yang sesuai, mengaplikasikan strategi dalam pembelajaran yang efektif, memilih dan menetapkan metode dan teknik pembelajaran sesuai, mengaplikasikan model, pendekatan, strategi, metode dan teknik dalam pembelajaran, menetapkan materi esensial, mengelola kelas yang efektif , dan mengaplikasikan permasalahan pembelajaran dalam penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep strategi belajar mengajar dan pembelajaran kooperatif inovatif berbasis TIK dan penerapan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dan beorientasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta kemandirian belajar
  • 2. Terampil mempraktikkan beberapa strategi/model/metode mengajar cooperative dan inovatif bidang studi Administrasi Perkantoran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran student oriented dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar.
Daftar Pustaka:
  • 1. Rusman. 2014.Model-model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
  • 2. Slavin, Robert E. 2002.Cooperative Learning (Theory, Reserch dan Practice), Second Edition
  • 3. Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
  • 4. Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
  • 5. Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
  • 6. Ambili Remesh. 2013. Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences
  • 7. Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
  • 8. Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press.
  • 9. Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  • 10. Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company.
  • 11. Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC
  • 12. Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.
  • 13. UPT PPL. 2006. Pengajaran Mikro Berbasis Kompetensi: Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006.