Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas meliputi: (1) Konsep penelitian kuantitatif; (2) jenis-jenis penelitian kuantitatif; (3) Rancangan penelitian Kuantitatif, meliputi :pemilihan tema, pembuatan latar belakang masalah, perumusan masalah, Tujuan dan Signifikansi Penelitian; (4) Penyusunan Kerangka Teori dan Pengukuran,meliputi: tinjauan kepustakaan, konstruksi model teoritis, model analisis, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya; (5) Teknik penarikan sampel; (6) teknik pengumpulan data, (8) instrumen penelitian; (9) analisis data kuantitatif; (10) penyusunan usulan atau proposal; (11) penulisan laporan penelitian kuantitatif, dan (12) penulisan artikel hasil penelitian kuantitatif. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian pendidikan bahasa Arab.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakkan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas meliputi: (1) Konsep penelitian kuantitatif; (2) jenis-jenis penelitian kuantitatif; (3) Rancangan penelitian Kuantitatif, meliputi :pemilihan tema, pembuatan latar belakang masalah, perumusan masalah, Tujuan dan Signifikansi Penelitian; (4) Penyusunan Kerangka Teori dan Pengukuran,meliputi: tinjauan kepustakaan, konstruksi model teoritis, model analisis, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya; (5) Teknik penarikan sampel; (6) teknik pengumpulan data, (8) instrumen penelitian; (9) analisis data kuantitatif; (10) penyusunan usulan atau proposal; (11) penulisan laporan penelitian kuantitatif, dan (12) penulisan artikel hasil penelitian kuantitatif. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian pendidikan bahasa Arab.
Capaian Pembelajaran
- Mampu memahami prinsip dan prosedur penelitian kuantitaif
- dapat menerapkannya dalam menyusun proposal penelitian di bidang pembelajaran bahasa Arab
- melaksanakan penelitian dan menyusun laporan berupa tesis
- menulis artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal terakreditasi
- Moh. Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- S. Nasution. 2007. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- C. Trihendradi. 2007. Langkah Mudah Menguasai statistik Menggunakan SPSS 15. Yogyakarta: CV Andi Offset.
- Djaali & Pudji Mujono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta.
- Iqbal Hasan. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Subana, Moersetyo Rahadi, & Sudrajat. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
- Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Syamsuddin A.R. & Vismaia S. Damaianti. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Teacher: Kholisin Kholisin