Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Manusia dalam sejarah, peristiwa, waktu, tempat, einmaliq, kausalitas, dan kebenaran sejarah. Kedudukan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni; kegunaan sejarah sebagai sarana pendidikan moral, penalaran, politik, pendidikan keindahan, dan ilmu bantu. Hubungan sejarah dengan ilmu-ilmu sosial humaniora dan ilmu bantu lainnya. Fakta dan kesadaran sejarah dalam logika berpikir masyarakat
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami konsep dasar ilmu sejarah secara kritis, teliti, dan kreatif secara mandiri maupun kolaboratif untuk mengembangkan logika berpikir yang historis.
  • Memahami kedudukan dan kegunaan ilmu sejarah beserta proses penelitian dan penulisannya secara logis dan sistematis
  • Mampu mengidentifikasi secara teliti, kritis, dan kreatif kedudukan sejarah sebagai ilmu dan sebagai dasar memahami proses sejarah, serta sebagai bekal memasuki bidang teori dan kajian sejarah
Daftar Pustaka:
  • Carr, E.H. 2014. Apa Itu Sejarah?. Depok: Komunitas Bambu.
  • Hamid, A. R. & Majid, M.S. 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
  • Kartodirjo, S. 2014. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak
  • Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Nordholt, H.S. (eds.). 2008. Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia. Yogyakarta: YOI & KITLV Jakarta
  • Rowse, A.L. 2014. Apa Guna Sejarah?. Depok: Komunitas Bambu.
  • Tosh, J. 2002. The Pursuit of History: Aims, Methods and New Directions in the Study of Modern History. London: Longman.