Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A3D-A3D
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan manajemen pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini membekali mahasiswa tentangsejarah dan filsafat perencanaan pendidikan, falsafah perencanaan pendidikan, konsep dasar perencanaan pendidikan, konstruksi perencanaan pendidikan dalam konteks manajemen pendidikan, jenis perencanaan berdasarkan ruang lingkup, jenis perencanaan berdasarkan jangka waktu, jenis perencanaan berdasarkan tingkatan, jenis perencanaan berdasarkan sifat, jenis perencanaan berdasarkan bentuk pendekatan, model dan teknik balok dalam perencanaan pendidikan, model dan teknik milstone dalam perencanaan pendidikan, model dan teknik pert cpm dalam perencanaan pendidikan, peraturan perundang-undangan sistem perencanaan pendidikan di indonesia, sistem perencanaan pendidikan indonesia, analisis struktur kependudukan dalam perencanaan pendidikan, menganalisis demografi dengan teknik natalitas, mortalitas, migrasi, emigrasi, memproyeksikan data demografi dalam sistem pendidikan, konsep APK/APM, menganalisis data APK/APM dalam perencanaan pendidikan, teknik analisis kohort, analisis kohort pada kasus di SD, SMP, SMA, analisis dan proyeksi enrollment, memproyeksikan jumlah siswa/enrollment, memproyeksi kebutuhan guru, menyusun penjadwalan program dan kegiatan sensus data perencanaan pendidikan dalam rencana pengembangan sekolah.
Capaian Pembelajaran
  • Mengetahui dan memahami sejarah dan filsafat perencanaan pendidikan
  • Memahami konsep dasar perencanaan pendidikan
  • Menguasai jenis-jenis perencanaan pendidikan
  • Menguasai model dan teknik perencanaan pendidikan
  • Menguasai sistem perencanaan pendidikan di Indonesia
  • Memahami Analisis demografi dalam perencanaan pendidikan
  • Menguasai Analisis APK/APM
  • Menguasai Analisis Kohort
  • Menguasai Analisis dan proyeksi enrollment
  • Menguasai Analisis demand-supply tenaga guru
  • Menguasai Sensus data perencanaan pendidikan
  • Menguasai Aplikasi perencanaan pendidikan dalam RAKS/RKS.
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Effendi, A.R., 1982. Pengantar Perencanaan Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
  • Enock, Y. 1995. Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksar Griinig, R., dan Kuhn, R. 2006. Process-based Strategic Planning. New York: Springer.
  • Matin. 2013. Perencanaan Pendidikan: Perspektif Proses dan Teknik dalam Penyusunan Program Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Sa’ud, U.S & Makmun, A.S. 2006. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Rosda.
  • Sarbini., Lina, Neneng. 2012. Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia. Stoner. JA. Dan Charles Wankel. 2003. Perencanaan dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Sunandar, A. Dkk. 2002. Analisis Demand-Supply Tenaga Guru SD di Kab. Karawang dalam Ranggka Peningkatan Kualitas Pendidikan SD. Laporan Penelitian.
  • Timan, A. 2004. Perencanaan Pendidikan. Malang: Program SP4 Jurusan AP FIP UM.
  • Wirosuhardjo K. 1980. Dasar-Dasar Demografi. Jakarta: UI Press.
  • Griinig, R., dan Kuhn, R. 2006. Process-based Strategic Planning. New York: Springer