Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
1) Konsep dasar penelitian ilmiah (pengertian penelitian ilmiah, paradigma sumber pengetahuan, jenis penelitian, peranan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan) 2) Pengembangan Research Question (Sumber Ide Penelitian, Review Literatur, pernyataan masalah penelitian (statement of research problem), pernyataan tujuan penelitian (Statement of purpose of the study);dan pernyataan pertanyaan penelitian (statement of research question). 3) Skala Pengukuran, Asumsi yang mendasari tes dan penilaian, indentifikasi Good of test (validitas dan reliabilitas), Berbagai jenis test dalam pendidikan) 4) Metode pengumpulan data; Sampling; dan Validitas hasil penelitian. 5) Metode penelitian kuantitatif Eksperimen (karakteristik eksperimen, design jenis variabel penelitian eksperimen, dan jenis eksperimen) 6) Metode penelitian kuantitatif Non Eksperimen (jenis variabel dalam penelitian kuantitaif non eksperimen, teknik mengendalikan dalam penelitian non eksperimen, demensi waktu dalam penelitian, dan jenis design penelitian kuantitatif non eksperimen) 7) Metode penelitian kualitatif (phenomenologi, etnografi, studi kasus, grounded theory) 8) Mixed method dan mixed model research (Tipe metode mixed research, tahapan proses mixed research) 9) Analisis Data (statistik deskriptif, statistik inferensial, dan analisis data dalam penelitian kualitatif)
Capaian Pembelajaran
  • Mampu mendeskripsikan pengertian dan pentingnya penelitian ilmiah dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Mampu mengembangkan permasalahan penelitian secara mandiri melalui proses berifikir kritis dan inovatif
  • Mampu mendeskripsikan secara sistematis dasar-dasar penelitian
  • Mampu mengidentifikasi karakteristik paradigma penelitian kuantitatif secara kritis dan sistematis
  • Mampu mendeskripsikan karakteristik paradigma penelitian kualitatif secara kritis dan sistematis
  • Mampu mendeskripsikan karakteristik paradigma penelitian Mixed Method secara kritis dan sistematis
  • Mampu menganalisis data penelitian secara tepat untuk menjawab permasalahan penelitian yang diajukan
  • Mampu mengintegrasikan secara menyeluruh semua komponen rancangan dari sebuah rencana penelitian berdasarkan suatu permasalahan penelitian tertentu ke dalam sebuah proposal penelitian
Daftar Pustaka:
  • Kumar, R. (2014). Research Methology: a Step by Step for Beginners. London: SAGE Publication Ltd
  • Burke Johnson & larry Christensen. 2014. Educational Research (Quantitative, Qualitative, dan Mixed Approach) 5th Edition Publication
  • John W. Creswell. Research Design. Quantitative, Qualitative, dan Mixed Methods Approaches. 4th Edition. Sage Publication