Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
PR-SD2
Deskripsi:

Pengetahuan tentang hakikat dan implikasi teori belajar dalam pembelajaran IPA; analisis kurikulum; miskonsepsi dan remidiasi, karakteristik pembelajaran IPA di kelas rendah, pembuatan lembar kegiatan siswa berbasis saintifik di kelas rendah, penilaian serta penyusunan perangkat pembelajarannya


Capaian Pembelajaran
  • Mengkaji fakta, konsep, dan prinsip IPA kelas Rendah di SD secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK.

  • Mengkaji kurikulum IPA kelas Rendah di SD secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK. Mengkaji fakta, konsep, dan prinsip IPA kelas Rendah di SD secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK

  • Merancang, mengorganisaiskan, mengembangkan, mensimulasikan, dan mengevaluasi perangkat pembelajaran IPA kelas Rendah di sekolah dasar secara mandiri berorientasi PAIKEM BATIK

  • UTS dan UAS

Daftar Pustaka:
  • Appleton, K. (Eds.). 2007. Elementary Science Teacher Education: International Perspectives on Contemporary Issues and Practice. Mahwa, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

  • Buxton, C. A. & Provenzo, Jr., E. F. 2012. Place-based Science Teaching and Learning: 40 Activities for K-8 Classrooms. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.

  • Forgatry, R. 2009. How to Integrate Curricula, Third Edition. Thousand Oaks: Corwin.

  • Hayes, D. (Eds.). 2007. Joyful Teaching and Learning in the Primary School. Exeter: Learning Matters Ltd.

  • Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. 2014. Models of Teaching. Pearson Education.

  • Krajcik, J. S. & Czerniak, C. M. 2014. Teaching Science in Elementary and Middle School: A Project-Based Approach, Fourth Edition. New York: Routledge.

  • Kurikulum Sekolah Dasar.

  • Martin, D. J. 2012. Elementary Science Methods: A Constructivist Approach, Sixth Edition. Belmont: Wadsworth.

  • Abruscato, J. 2004. Teaching Children Science: A Discovery Approach, 6th Edition. Boston, MA: Allyn and Bacon.