Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B-MBKM
Deskripsi:
Mata Kuliah problematika dan intervensi dewasa memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap problem-problem yang dihadapi pada setiap tahapan dalam perkembangan masa dewasa, yang dibagi menjadi masa dewasa awal, masa dewasa tengah, dan masa dewasa akhir. Selain itu, juga memberikan kemampuan kepada mahasiwa untuk dapat mengidentifikasi setiap problematika yang muncul dan kemudian merancang strategi intervensi psikologis yang tepat untuk menangani problematika tersebut.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mengeksplorasi konsep tentang tahapan perkembangan dewasa awal, dewasa tengah, dan dewasa akhir. Baik dari sudut pandang perkembangan fisik, kognitif, dan juga psikososialnya.
  • Mahasiswa mendalami dan mengeskplorasi problematika-problematika yang dihadapi pada tahapan dewasa awal, dewasa tengah, dan dewasa akhir.
  • Mahasiswa merancang bentuk-bentuk intervensi psikologis untuk menyelesaikan problem yang dihadapi pada tahap dewasa awal hingga akhir
Daftar Pustaka:
  • Papalia, Diane E., Old, & Feldman, 2000. Human Development. New York : McGraw-Hill
  • Papalia, Diane E., Old, & Feldman, 2009. Human Development (Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika
  • Santrock, John W., 1999. Life-Span Development 7th Edition. New York : McGraw-Hill
  • Santrock, John W., 2002. Life-Span Development Edisi 13 (Terjemahan). Jakarta : Erlangga
  • Haditono, Siti Rahayu. 1993. Psikogerontologi. Yogyakarta : UGM
  • Schaie, K. Warner, Willis, Sherry L.,(1991. Adult Development and Aging 3rd Edition. New York: Harper Collins Publisher