Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Sebagai salah satu alat dalam komunikasi massa, institusi media massa tentu memiliki keunikan dibandingkan dengan institusi lain yang tidak berkaitan dengan komunikasi. Salah satunya dalam hal pengelolaan dan manajemennya. Mata kuliah ini muncul untuk memberikan pengetahuan mengenai karakteristik media massa serta pengelolaan/manajemen media massa. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari konsep teoritis mengenai aspek manajerial dari lembaga media, termasuk di antaranya adalah struktur kerja dan sistem kerja dalam media massa secara umum. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan mengenai elemen-elemen manajemen media massa serta dinamika kerja di lingkungan media. Meski begitu, mahasiswa juga akan diberikan sedikit pengetahuan mengenai kebijakan dan regulasi komunikasi yang relevan serta ikut membentuk sistem dan perilaku media massa.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami karakteristik media massa, baik media cetak, elektronik, maupun online.
  • Mahasiswa mampu memahami elemen-elemen manajemen media massa, serta dinamika kerja pada lingkungan media massa.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan struktur kerja dan pengelolaan media massa.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan kaitan antara regulasi dan kebijakan komunikasi dengan perilaku media massa.
Daftar Pustaka:
  • Albarran, A., 1996. Media economics. Ames: Iowa State University Press.
  • Albarran, A. B. (2012). Media Management and Economics Research: The First 75 Years. In A. B. Albarran (Ed.). Media Management and Economics Research in a Transmedia Environment (pp. 5-18). New York: Routledge.
  • Albarran, A. B. (2008). Definning media management. The International Journal on Media Management 10 (4), 184-186.
  • Albarran, A. B. (2010a). The media economy. New York: Taylor and Francis.
  • Albarran, A. B. (2010b). The transformation of the media and communication industries. Pamplona: EUNSA.
  • Albarran, A. B. (2013). Media management and economics research: The First 75 years. In Albarran, A. B. (ed.). Media management and economics in a transmedia environment (pp. 5-17). New York: Routledge.
  • Albarran, A. B. Chan-Olmsted, S. M. & Wirth, M. O. (2006). Handbook of Media Management and Economics. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.
  • Chan-Olmsted, S. M. (2005). Competitive strategy for Media Firms. New York: Taylor and Francis.
  • Davenport, T. H. & Beck, J. C. (2001). The Attention Economy: Understanding the new currency of business. Boston: Harvard University Press.
  • Dimmick, J. (2003). Media competition and coexistence: The theory of the niche. London: Lawrence Erlbaum Associates.
  • Downes, L. (2009). The laws of disruption: Harnessing the new forces that govern life and business in the digital age. New York: Basic Books.
  • McCombs, M. (1972). Mass media in the marketplace. Journalism Monographs, 24.
  • Mierzjewska, B. I. & Hollifield, C. A. (2006). Theoretical approaches in media management research. In Albarran, A. B., Chan-Olmsted, S. M., & Wirth, M. O. (eds.). Handbook of media management and economics (pp. 37-66). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.
  • Picard, R. G. (2006). Historical trends and patterns in media economics. In Albarran, A. B. Chan-Olmsted, S. M. & Wirth, M. O. (eds.). Handbook of media management and economics (pp. 23-36). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum.