Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Latar belakang perlindungan konsumen, gerakan perlindungan konsumen, peranan pemerintah dalam perlindungan konsumen, hukum perlindungan konsumen, aspek hukum perdata dan publik, etika bisnis dan tanggung jawab konsumen, penyelesaian sengketa konsumen, nilai-nilai moral dalam hukum dan perlindungan konsumen.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menguasai konsep hukum perlindungan konsumen, latar belakang dan pelaksanaan perlindungan konsumen, sumber hukum dan prinsip-prinsip tanggung jawab dalam perlindungan konsumen serta instrumen hukum perlindungan konsumen dalam hukum positif Indonesia
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Daftar Pustaka:
  • Nasution.AZ.2001. Hukum Perlindungan Konsumen : suatu pengantar. Yogyakarta: Aidit Media
  • Nasution.AZ.1994. Perlindungan Konsumen dan Peradilan di Indonesia. Jakarta: BPHN
  • Shofie, Yusuf. 2003. Perlindungan Konsumen dan Instrumen-instrumen Hukumnya. Bandung: Citra Aditya Bakti
  • Shofie, Yusuf. 2002. Pelaku Usaha, Konsumen dan Tindak Pidana Korporasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
  • Sidharta. 2000.Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Grasindo
  • Syawali, Husni & Neni Sri Imaniyati. 2000. Hukum Perlindungan Konsumen. Bandung: Citra Aditya Bakti
  • Sudaryatmo. 1996. Masalah Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: Mandar Maju
  • Sahetapy, JE. 1994. Kejahatan Korporasi. Bandung: Eresco
  • UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika