Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
ALA-ALA
Deskripsi:
a) hakikat perkembangan anak,(b) faktor penentu perkembangan anak,(c) periodisasi perkembangan anak, dan(d) masalah keterampilan berbahasa arab yang dihadapi anak baik dalam bahasa tulis maupun lisan
Capaian Pembelajaran
  • 1.Mampu menganalisis teori psikologi anak
  • 2. Mampu menganalisis teori perkembangan jiwa anak dari aspek kognitif
  • 3. Mampu menganalisis teori perkembangan jiwa anak dari aspek Afektif
  • 4. Mampu menganalisis teori perkembangan jiwa anak dari aspek psikomotorik
  • 5. Mampu mengevaluasi perkembangan dan pemerolehan bahasa anak
  • 6. Mampu menganalisis permasalahan keterampilan berbahasa Arab Anak
  • 7. Mampu mengembangkan langkah-langkah pemecahan masalah keterampulan berbahasa Arab anak
  • 8. Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keterampilan berbahasa Arab anak dalam bahasa tulis dan lisan secara kreatif dan inovatif
Daftar Pustaka:
  • 1. Chaer, A. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.
  • 2.Hurlock.Elizabeth.1993. Psikologi Perkembangan.Jakarta: Gramedia.
  • 3. Nababan.1992. Psikolinguistik Suatu Pengantar.Jakarta: Gramedia.
  • 4. Sidiarto, L. 1991. Berbagai Gangguan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atmajaya.
  • 5. Syah, Muhibbin.1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • 6. Slavin, Robert. 1998. Educational Psichology Theory and Practice. Allyn and Bacon
  • 7. Utami, Munandar. 1999.Kreativitas dan Keberbakatan.Startegi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat.Jakarta: Gramedia.