Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini diberikan agar mahasiswa memiliki bekal pengetahuan mengenai etika profesi guru di dunia pendidikan. Mahasiswa di ajak mengkritisi sikap-sikap dan kemampuan yang harus dikembangkan sebagai calon pendidik. Selain itu, mahasiswa di bekali pemahaman mengenai hak dan kewajiban guru tidak hanya melalui produk hukum yang berlaku, tetapi juga melalui narasumber yaitu guru sosiologi. Matakuliah ini mempelajari mengenai hakikat guru beserta etika yang melekat pada profesi guru, mendalami mengenai etika profesi keguruan yang meliputi kebijakan mengenai guru sebagai seorang pendidik, kompetensi dan karakter guru, metode dan strategi peningkatan profesi guru, pendidikan profesi guru, berbagai realitas pendidikan dan peran guru di berbagai wilayah, tugas, kewajiban dan implementasi etika profesi guru dalam kehidupan nyata, merepresentasikan sosok guru inspiratif sebagai pendidik professional, serta menganalisis berbagai fenomena yang berkaitan dengan profesi guru. Matakuliah ini menerapkan case method dalam aktivitas pembelajaran yang menekankan pada analisa berbagai fenomena yang berkaitan dengan etika profesi keguruan dan segala hal yang berkaitan dengan profesi guru. Evaluasi dilakukan dengan penilaian dari projek yang dibuat mahasiswa yaitu video mengenai guru inspiratif dan analisa mengenai etika profesi keguruan pada karakter seorang guru ideal menurut peserta didik. Selain itu, evaluasi dilakukan dengan penilaian pada berbagai tugas selama perkuliahan, penilaian UTS dan UAS.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mendeskripsikan mengenai hakikat guru, profesi, dan konsep dasar etika profesi keguruan.
  • Mahasiswa mampu menganalisis berbagai fenomena yang berkaitan dengan profesi seorang guru baik di instansi pendidikan maupun di lingkungan masyarakat.
  • Mahasiswa mampu secara kritis membangun paradigma positif terhadap profesi guru yang berkarakter dan dinamis sesuai dengan perkembangan zaman.
Daftar Pustaka:
  • Danumiharja, Mintarsih. (2014). Profesi Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Deepublish.
  • Fibrianto, A. S., & Yuniar, A. D. (2020, February). Teacher Professionalism Training Program as a Solution for Teacher Problems. In International Conference on Social Studies and Environmental Issues (ICOSSEI 2019) (pp. 193-196). Atlantis Press.
  • Mariyana, Rita. (2010). Etika Profesi Guru. Academia.edu.
  • Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Guru.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
  • PERMENDIKBUD Nomor 62 Tahun 2013 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan dalam Rangka Penataan dan Pemerataan Guru.
  • Musriadi. (2016). Profesi Kependidikan Secara Teoritis dan Aplikatif Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Deepublish.
  • Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
  • Wiyani, Novan Ardy. (2015). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Gava Media.