Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Memahami konsep penilaian pendidikan seni dalam pembelajaran seni, yang meliputi (a) hakekat tujuan, fungsi, manfaat pengukuran dan penilaian; (b) prinsip penilaian pendidikan, (b) jenis alat penilaian dan prosedur pengembangannya, (c) teknik pengolahan hasil penilaian untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa, serta (d) aplikasinya dalam penyusunan instrumen penilaian dalam pembelajaran seni.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menjelaskan hakekat penilaian pendidikan seni
  • 2. Menunjukkan fungsi penilaian pendidikan seni
  • 3. Mendeskripsikan prinsip-prinsip penilaian
  • 4. Mengklasifikasi jenis alat penilaian
  • 5. Memilih prosedur penilaian pendidikan seni
  • 6. Menyusun instrumen penilaian pendidikan seni
  • 7. Mengolah hasil penilaian pendidikan seni untuk mendiagnosis kesulitan belajar
  • 8. Pelaporan hasil penilaian pendidikan seni
Daftar Pustaka:
  • Djelantik, A A M. 1999. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Wiyono. Bambang Budi dan Tumardi. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Malang : Elang Mas. Soehardjo. 1999. Penilaian Hasil Belajar Seni. Malang: diterbitkan sendiri (materi perkuliahan) Jurusan Pendidikan Seni Rupa. Depdiknas, Jatim. Penilaian Berbasis Kelas. Jawa Timur: Depdiknas Jatim. Soewadji.1985.Evaluasi Hasil Belajar Keterampilan Kerajinan. Jakarta: P2LPTK Debdikbud Dirjen Dikti. Sunaryo. 1984. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: P2LPTK Debdikbud Dirjen Dikti. Prawironegoro, Praktiknyo. 1984. Penilaian dengan Non-Tes dalam Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: P2LPTK Debdikbud Dirjen Dikti. Cece, Rakhmat dan Didi, Suhedi. 1998. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: P2GSD Debdikbud Dirjen Dikti.