Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
MZ-MZ
Deskripsi:
Mata kuliah ini megkaji tentang pengambilan keputusan bisnis dalam kondisi risiko dan ketidakpastian yang dilakukan dengan mengkaplikasikan teori ekonomi dan alat analisis (matematika dan ekonometrika) yang terintegrasi dengan konsep-konsep akuntansi, keuangan, pemasaran, dan strategi kompetitif. Pembahasan dimulai dari lingkup ekonomi manajerial. Selanjutnya diikuti dengan : (1) analisis permintaan yang mengkaji pengambilan keputusan dalam menyikapi perilaku konsumen dalam memilih produk dan mengestimasi sekaligus meramalkan permintaan produk tersebut. (2) analisis produksi dan biaya yang menelaah pengambilan keputusan dalam menyediakan produk yang diminta konsumen dengan biaya minimum. (3) pengambilan keputusan strategis yang mencangkup materi : (a) struktur pasar dalam lingkup pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik dan pasar oligopoli. (b), penetapan harga produk yang membahas pengambilan keputusan dalam menetapkan harga produk dengan mempertimbangkan persaingan pasar. (c), analisis risiiko yang menelaah pengambilan keputusan dalam kondisi risiko dan ketidak pastian, dan (d), penganggaran modal yang meliputi pembahasan Kaidah payback, Internal Rate return (IRR), dan Net Present Value (NPV).
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat mendiskripsikan hakikat teori perusahaan dan hubungannya dengan ekonomi manajerial
  • Mahasiswa dapat mengidentifikasi pendekatan pendekatan dalam perilaku konsumen
  • Mahasiswa dapat : (1) membedakan permintaan, fungsi permintaan, dan kurva permintaan, (2) mengidentifikasi variabel variabel independent permintaan dan mendiskripsikan hubungannya dengan permintaan, dan (3) menurunkan kurva permintaan dari fungsi permintaan
  • Mahasiswa dapat mengidentifikasi jenis jenis elastisitas permintaan dan dapat menghitung koefisien elastisitas permintaan
  • 6. Mahasiswa dapat: (1) mengidentifikasi dan menyusun model model fungsi fungsi permintaan dan (2) mengistemasikan parameter-parameter suatu fungsi permintaan dan menguji signifikannya
  • 7. Mahasiswa dapat mendiskripsikan hubungan produksi dan biaya, produksi satu dan dua variabel
  • 8. Mahasiswa dapat: (1) mengidentivikasi dan menyusun model-model fungsi produksi empiris, dan (2) mengistimasikan parameter-parameter suatu fungsi produksi empiris dan menguji signifikannya
  • 9. Mahasiswa dapat: (1) mengidentifikasikan dan menyusun model-model fungsi biaya, dan (2) mengestimasi parameter-parameter suatu fungsi biaya dan menguji signifikannya
  • 10. Mahasiswa memahami pasar persaingan sempurna
  • 11. Mahasiswa memahami pasar monopoli
  • 12. Mahasiswa memahami pasar monopolistis
  • 13. Mahasiswa memahami pasar oligopoli
  • 14. Mahasiswa dapat mendiskripsikan penetapan harga produk pada empat struktur pasar dasar dan metode-metode penetapan harga produk dalam praktik
  • Mahasiswa dapat mendiskripsikan hakikat dan ruang lingkup ekonomi manajerial
Daftar Pustaka:
  • Salvatore, D. 2001. Managerial Economics in Global Economiy (4th ed). Fort Wort. Harcourt.Inc (SAL). Arsyad, L. 2000. Ekonomi Manajerial: Ekonomi Terapan Untuk Manajemen Bisnis (Edisi 3), BPFE, Yogyakarta (ARS)
  • Douglas, E.J. 1992. Manajerial economics : Analysis and strategy (4th ed). Englewood Cliffs, NJ.: Prentice-Hall, Inc. (DOU). Gasperz, V. 1996. Ekonomi Manajerial: Penerapan Konsep-konsep Ekonomi dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Pappas, J. 1995. Ekonomi Manajerial (jilid II): Edisi Keenam. Jakarta: Binarupa Aksara. (PAP)