Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Materi ajar meliputi: pengertian pengajaran mikro, aspek-aspek pengajaran mikro, Pelaksanaan implementasi microteaching, Penyusunan Ren¬cana Pem¬belajaran (RPP), dan format penilaian latihan, aspek-aspek keterampilan dasar mengajar (keterampilan bertanya, membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan pelajaran, bervariasi dalam pembelajaran, memberikan penguatan, terampil melaksanakan pembelajaran kooperatif, keterampilan mengajar secara terpadu, supervisi klinis
Capaian Pembelajaran
  • Memahami secara teoretis konsep microteaching dan keteram¬pilan dasar mengajar, menganalisis problema implementasi microteaching, dan terampil melaksanakan pembelajaran dalam bentuk mikro dan pembelajaran secara terpadu, disiplin belajar, bertanggungjawab, bekerjasama, komunikatif-responsif, percaya diri, dan menghargai pendapat orang lain.
Daftar Pustaka:
  • 1. Aronson. 2008. History of the Jigsaw. http://www.jigsaw.org/. Diakses pada tanggal 15 Desember 2008.
  • 2. Blanchard, Alan. 2005. Contextual Teaching and Learning. http//www.horizonshelpr.org/contextual/hlm/diakses 15 Desember 2005.
  • 3. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. 1983. Pengajaran Mikro. Jakarta: Dirjen Dikti.
  • 4. Hasibuan, J,J, dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  • 5. Santrock, John W. 2010. Educational Psychology. Terjemahan oleh Tri Wibowo, B.S. Jakarta: Kencana.