Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A7A-A7A
Deskripsi:
Mata Kuliah ini berisi tentang konsep dasar fisik motorik, tahapan dan karakteristik pertumbuhan & perkembangan fisik motorik anak usia dini, keterampilan fisik motorik anak usia dini, konsep kebugaran jasmani, aktivitas sirkuit kebugaran jasmani, permainan kreatif pengembangan fisik motorik anak usia dini, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program kegiatan fisik motorik.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui pengembangan fisik motorik
  • Mampu mengembangkan materi fisik motorik anak usia dini
  • Mampu merancang permainan fisik motorik anak usia dini
  • Terampil menganalisis konsep, karakteristik , tahapan pertumbuhan dan perkembangan, dan metode pembelajaran fisik motorik anak usia dini.
  • Menguasai pembelajaran fisik motorik anak usia dini
Daftar Pustaka:
  • Beaty, Janice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Terjemahan Arief Rakhman. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
  • Decaprio, Richards, 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press
  • Galahue David, 1998. Motor Development, Boston : Mac Graw-Hill.
  • Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
  • Samsudin, 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
  • Febrikharisma, M.H. 2013. Hubungan antara TB/U dengan Fungsi Motorik Anak Usia 2-4 tahun. Semarang :FK.UNDIP
  • MS Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.
  • Semiawan R Cony, 2002. Belajar Dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta : PT Prenhallindo.
  • Sukamti, Endang Rini. 2007. Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK UNY.