Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
AM-AM
Deskripsi:
Medan Listrik: 1. Aplikasi dari Prinsip Superposisi, 2. Aplikasi dari Hukum Gauss dalam bentuk integral, 3. Aplikasi dari Hukum Gauss dalam bentuk diferensial. Potensial Listrik: 1. Potensial skalar listrik, 2. Persamaan Laplace dan Poisson, 3. Potensial dari beberapa distribusi muatan sederhana. Konduksi Listrik dan Logam Sempurna di Dalam Elektro–Kuasistatik: 1. Syarat batas medan listrik, 2. Konduksi listrik di dalam bahan, 3. Konsep logam sempurna, 4. Masalah elektrokuasistatik dengan logam sempurna, 5. Metode bayangan. Kapasitor: 1. Kapasitansi, 2. Kapasitansi untuk beberapa struktur sederhana, 3. Beberapa penyelesaian sederhana persamaan Laplace. Polarisasi: 1. Polarisasi bahan, 2. Matematika Polarisasi, 3. Permitivitas dielektrik, 4. Konduktor vs Dielektrik. Masalah Syarat Batas: Bagaimana menyelesaikan masalah syarat batas. Medan Magnet: 1. Persamaan dasar magnetokuasistatik, 2. Potensial vector, 3. Persamaan Poisson vector, 4. Hukum Biot-Savart, 5. Medan magnetik elemen yang membawa arus, 6. Dipol magnet. Logam Sempurna di Dalam Kemagnetan dan Induktansi: 1. Karakteristik Potensial Vektor, 2. Syarat batas Medan Magnet, 3. Medan Magnet Fungsi Waktu Di dalam Logam Sempurna, 4. Arus Bayangan dan Medan Difusi, 5. Induktansi. Induksi Elektromagnetik: 1. Hukum Faraday, 2. Ketakunikan Tegangan di dalam Magnetokuasistatik, 3. Energi Elektromagnetik dan Aliran Daya, 4. Energi Elektromagnetik Yang Tersimpan di Dalam Kapasitor dan Induktor. Energi, Daya, dan Usaha di Dalam Elektro dan Magneto-Kuasistatik: 1. Hubungan antara energy, daya, dan usaha di dalam elektro- dan magneto- kuasistatik. Persamaan Maxwell: 1. Persamaan Maxwell dalam bentuk diferensial dan integral, 2. Elektrostatik dan Magnetostatik, 3. Elektrokuasistatik dan Magnetokuasistatik. Gelombang Elektromagnetik: 1. Gelombang elektromagnetik di dalam ruang hampa, 2. Penyelesaian persamaan gelombang elektromagnetik bidang uniform, 3. Energi dan Daya Gelombang elektromagnetik. Gelombang Elektromagnetik di Dalam Bahan Linier. Medan Harmonik Waktu: 1. Matematika Medan Harmonik, 2. Persamaan Maxwell Medan Harmonik, 3. Vektor Poynting Kompleks.
Capaian Pembelajaran
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Kelistrikan, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Kemagnetan, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Energi, Daya, dan Usaha dalam Elektromagnetika, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Gelombang Elektromagnetik, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.
Daftar Pustaka:
  • Arif Hidayat, Diktat Kuliah LISTRIK MAGNET, Jurusan Fisika FMIPA UM, 2016
  • Arif Hidayat, Elektromagnetika, Penerbit Universitas Negeri Malang, 2014
  • David J. Griffiths, Introduction To Electrodynamics, Prentice Hall of India.