Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A22-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang hakikat pernikahan, meliputi pengertian pernikahan, tujuan, rukun, prinsip, prosedur pernikahan; Landasan pernikahan, membahas dasar atau landasan pernikahan, meliputi landasan yuridis formal, religious/ agama, psikologis, social budaya; persiapan fisik dan psikologis pranikah, membahas Kesehatan reproduksi dan kondisi psikologis yang perlu dipahami sebelum pernikahan; penyesuaian dalam pernikahan, membahas tentang dinamika perubahan dalam pernikahan, strategi penyesuaiaan dalam pernikahan; hakikat keluarga, membahas pengertian keluarga fungsi keluarga, dasar pembentukan keluarga, hak dan kewajiban suami istri dalam keluarga, karakteristik keluarga bahagia sejahtera, penuh kasih saying; merawat cinta kasih dalam keluarga, membahas tentang hakikat cinta kasih dalam keluarga, factor yanag mempengaruhi cinta kasih dalam keluarga dan strategi dalam mengembangkan dan merawat cintakasih dalam keluarga; serta peran bimbingan dan konseling dalam pernikahan, membahas tentang pengertian, tujuan, peran dan fungsi, prinsip bimbingan dan konseling pernikahan. Matakuliah juga melatih mahasiswa dalam mengidentifikasi dan mendiagnosis problematika dalam keluarga; melatih mahasiswa dalam menentukan strategi bimbingan dan konseling dalam pernikahan, baik dalam pendekatan individual atau kelompok; serta melatih mengembangkan dan melaksanakan program bimbingan dan konseling pernikahan, dalam seting sekolah maupun setting Lembaga PNF.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat Pendidikan Non Formal (PNF), tujuan PNF, prinsip, karakteristik PNF, sistem PNF, serta bentuk dan program-program PNF.
  • 2. Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat bimbingan dan konseling di PNF, karakteristik, ruang lingkup, dan implementasi bimbingan dan konseling di PNF.
  • Mahasiswa mampu menganalisis system pengelolaan BK di PNF kebutuhan bimbingan dan konseling di PNF, serta dapat mengembangkan program bimbingan dan konseling di PNF.
Daftar Pustaka: