Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A1A-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji aspek sosial budaya yang melekat pada unsur dan sistem yang berperan dalam pengelolaan program BK di sekolah, yaitu aspek sosial budaya pada pemegang otoritas sekolah, konselor, siswa/konseli, guru, orang tua maupun masyarakat; dan kemudian melalui langkah-langkah pemecahan masalah, berlatih mengimplementasikan pemahaman tersebut dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan-layanan bantuan bimbingan dan konseling di sekolah yang lebih memperhatikan aspek sosial budaya .
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa dapat merancang layanan dasar menggunakan model, metode, teknik dengan pendekatan kelompok, memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya dalam jalur pendidikan formal.
  • 2. Merancang dan melaksanakan layanan bimbingan klasikal/ bimbingan kelompok/ bimbingan kelompok besar, dengan menggunakan model dan metode bimbingan yang relevan.
Daftar Pustaka:
  • Ella Faridati Zen, Adi Admoko, 2015. Bimbingan Konseling untuk Multikultural di Sekolah, Malang: Elang Mas.
  • Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam jalur pendidikan Formal. Jakarta: FDepdiknas
  • Gibson, Robert L. dan Mitchell,Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling. Alih bahasa: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Geroski, Anne M. 2010. Igroups In Schools, Preparing, Leading and Responding. New Jersey: Pearson Education,Inc.
  • Kemendikbud Dirjen GTK .2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas.
  • Layli Novita Rachmawati, Nur Hidayah. 2016 Pengembangan Panduan Pelatihan Efikasi Diri Dalam Hubungan Pertemanan Melalui Strategi Experiential Learning bagi Siswa SMP. JKBK Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 79—89.
  • Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan dasar dan Menengah.
  • Rusmana, Nandang, 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi.
  • Roichatul Jannah, Ella Faridati Zen, Muslihati.2016. Pengembangan Permainan SImulasi Keterbukaan Diri untuk Siswa SMP. JKBK. Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 74—78
  • Tatiek Romlah, 2018 Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • Wastegaard, Jane. 2009. Effective Group With Young People. Berkshire: Open University Press.