Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A1A-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji aspek sosial budaya yang melekat pada unsur dan sistem yang berperan dalam pengelolaan program BK di sekolah, yaitu aspek sosial budaya pada pemegang otoritas sekolah, konselor, siswa/konseli, guru, orang tua maupun masyarakat; dan kemudian melalui langkah-langkah pemecahan masalah, berlatih mengimplementasikan pemahaman tersebut dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan-layanan bantuan bimbingan dan konseling di sekolah yang lebih memperhatikan aspek sosial budaya .
Capaian Pembelajaran
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A1A-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji aspek sosial budaya yang melekat pada unsur dan sistem yang berperan dalam pengelolaan program BK di sekolah, yaitu aspek sosial budaya pada pemegang otoritas sekolah, konselor, siswa/konseli, guru, orang tua maupun masyarakat; dan kemudian melalui langkah-langkah pemecahan masalah, berlatih mengimplementasikan pemahaman tersebut dalam perencanaan dan pelaksanaan layanan-layanan bantuan bimbingan dan konseling di sekolah yang lebih memperhatikan aspek sosial budaya .
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa dapat merancang layanan dasar menggunakan model, metode, teknik dengan pendekatan kelompok, memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya dalam jalur pendidikan formal.
- 2. Merancang dan melaksanakan layanan bimbingan klasikal/ bimbingan kelompok/ bimbingan kelompok besar, dengan menggunakan model dan metode bimbingan yang relevan.
- Ella Faridati Zen, Adi Admoko, 2015. Bimbingan Konseling untuk Multikultural di Sekolah, Malang: Elang Mas.
- Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam jalur pendidikan Formal. Jakarta: FDepdiknas
- Gibson, Robert L. dan Mitchell,Marianne H. 2011. Bimbingan dan Konseling. Alih bahasa: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Geroski, Anne M. 2010. Igroups In Schools, Preparing, Leading and Responding. New Jersey: Pearson Education,Inc.
- Kemendikbud Dirjen GTK .2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas.
- Layli Novita Rachmawati, Nur Hidayah. 2016 Pengembangan Panduan Pelatihan Efikasi Diri Dalam Hubungan Pertemanan Melalui Strategi Experiential Learning bagi Siswa SMP. JKBK Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 79—89.
- Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan dasar dan Menengah.
- Rusmana, Nandang, 2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi.
- Roichatul Jannah, Ella Faridati Zen, Muslihati.2016. Pengembangan Permainan SImulasi Keterbukaan Diri untuk Siswa SMP. JKBK. Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 74—78
- Tatiek Romlah, 2018 Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
- Wastegaard, Jane. 2009. Effective Group With Young People. Berkshire: Open University Press.
- Pengajar: Ella Faridati Zen Dra. , M.Pd