Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi:(1) teori pengembangan program BIPA, (2) karakteristik program BIPA sebagai bentuk layanan jasa BIPA, (3) karakteristik program BIPA sebagai rencana pembelajaran BIPA, (3) problematik pengembangan program BIPA, dan (4) prosedur pengembangan program BIPA. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa memahami tentang hakikat program BIPA dan terampil mengembangkan program BIPA.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep teoretis, prinsip dan prosedur yang memadai tentang program BIPA
  • Mampu menelaah berbagai macam program BIPA
  • Terampil mengembangkan program BIPA
Daftar Pustaka:
  • ACTFL Proficiency Guidelines. (2012). American council on the teaching of foreign languages. www.actfl.org/resources/actfl-proficiency-guidelines-2012.
  • Council of Europe. Council for cultural co-operation. Education committee. Modern languages division. (2001). Common European framework of reference for languages: Learning, teaching, assessment. Cambridge, MA: Cambridge University Press.
  • Dubin, Fraida and Elise Olshtain. 1986. Course-Design, Developing Program and Material for Language Teaching. London: Cambridge University Press.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Standar Kompetensi Lulusan Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jakarta: Badan Bahasa
  • Susanto, Gatut. 2018. Kumpulan Materi Kuliah Program BIPA. Malang: JSI FS UM.
  • Susanto, Gatut. 2018. Kurikulum BIPA Universitas Negeri Malang Program Critical Language Scholarship. Malang: BIPA UM.
  • Susanto, Gatut. 2019. Kurikulum BIPA Universitas Negeri Malang Program Indonesian Flagship Language Initiative. Malang: BIPA UM.
  • Suyitno, Imam. 2017. Norma Pedagogis Pembelajaran BIPA, Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: PT Refika Aditama.
  • Suyitno, Imam. 2021. Pembelajaran BIPA, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikanya. Bandung: PT Refika Aditama.