Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A5B-SD1
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang kajian tentang perkembangan dan implementasi kurikulum pendidikan di sekolah dasar dari segi prinsip, konsep, model, pendekatan, isi, komponen, dan struktur kurikulum di Indonesia dan beberapa negara sesuai konteks perkembangan pendidikan terkini dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs). Matakuliah ini juga berisi tentang pengembangan kurikulum dalam berbagai bentuk perangkat pembelajaran sesuai implementasi kebijakan dan kebutuhan pengembangan perangkat di sekolah dasar.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis perkembangan dan implementasi kurikulum sekolah dasar dari segi prinsip, konsep, model, dan pendekatan kurikulum di Indonesia dan beberapa negara sesuai konteks perkembangan pendidikan terkini.
  • Mengkaji isi, komponen, dan struktur kurikulum yang diterapkan di sekolah dasar lintas bidang studi mulai dari kelas rendah hingga kelas tinggi dalam menjawab kebutuhan masyarakat dan mendukung pembangunan berkelanjutan
  • Mengevaluasi dan merancang pengembangan kurikulum dalam berbagai bentuk perangkat pembelajaran sesuai implementasi kebijakan dan kebutuhan pengembangan perangkat di sekolah dasar
Daftar Pustaka:
  • Wiles, Jon. 2015. Curriculum Development. United States of America: Pearson
  • Cullen, R., Harris, M., & Hill, R. R. 2012. The Learner-Centered Curriculum: Design and Implementation. San Fransisco: Josey-Bass
  • Hamalik, O. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
  • Badan Standar Nasional Pendidikan. 2013. Panduan Penyusunan Kurikulum 2013. Jakarta.
  • Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
  • Oliva, Peter.1988. Developing Curriculum, A Guide to problems, Principles and Process. New York: Harper Publisher