Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A3B-A3B
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil- hasil riset yang terkait dengan manajemen kurikulum dan pembelajaran melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang manajemen kurkulum dan pembelaaran. Mata kuliah ini membahas manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional, meliputi: konsep dasar manajemen kurikulum; landasan, pengertian, prinsip-prinsip, dan tujuan kurikulum, terutama kurikulum yang berlaku di Indonesia; Standar Kompetensi di masing-masing jenis dan jenjang pendidikan; struktur kurikulum di berbagai jenis dan jenjang pendidikan di Indonesia; program kerja tahunan dan kalender pendidikan; jadwal pelajaran dimasing-masing jenjang dan jenis pendidikan; dan sistem evaluasi dalam penerapan kurikulum di sekolah.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar manajemen kurikulum
  • Memahami landasan, pengertian, prinsip-prinsip, dan tujuan kurikulum, terutama kurikulum yang berlaku di Indonesia
  • Memahami Standar Kompetensi di masing-masing jenis dan jenjang pendidikan
  • Memahami struktur kurikulum di berbagai jenis dan jenjang pendidikan di Indonesia
  • Memahami dan berlatih menyusun program kerja tahunan dan kalender pendidikan.
  • Memahami dan berlatih menyusun jadwal pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di masing-masing jenjang dan jenis pendidikan.
  • Menguasai sistem pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi dalam penerapan kurikulum di sekolah
Daftar Pustaka:
  • Griffin, C. (2018). Curriculum Theory in Adult and Lifelong Education. Routledge.
  • Hidayati dkk. (2021). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). Yogyakarta: Semesta Aksara
  • Howard, Judith. (2007). Curriculum Development. Center for the Advancement of Teaching and Learning Elon University Department of Education Elon University.
  • Imron, Ali. (2013). Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BumiAksara
  • Kelly, A. V. (2009). The Curriculum: Theory and Practice. SAGE.
  • Khoirurrijal dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
  • Lunenburg, Fred C. (2011). Curriculum Development: Inductive Models. Houston: Schooling Volume 2, Number 1, 2011.
  • Moore, A. (2014). Understanding the School Curriculum: Theory, politics and principles. Routledge
  • Netherlands Institute for Curriculum Development. 2009. Curriculum in Development. Netherlands: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede
  • Null, W. (2016). Curriculum: From Theory to Practice. Rowman & Littlefield.
  • O’Neill, Geraldine. (2010). Programme Design: Overview of Curriculum Models. Dublin: UCD Teacning and Learning Resources
  • Yeung, Shirley S. Y.; Lam, John T. S.; Leung, Anthony W. L.; Lo, Yiu Chun. 2012. Curriculum Change and Innovation. Hongkong: Hong Kong University Pr
  • Yogi Anggraena dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
  • Yogi Anggraena dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi