Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Ruang lingkup dan pendekatan historiografi umum, penulisan sejarah masa Yunani-Romawi, penulisan sejarah abad pertengahan dan Renaisance, penulisan sejarah modern di Eropa, penulisan sejarah di berbagai belahan dunia (di luar Eropa), penulisan sejarah abad ke-XX dan XXI.
Capaian Pembelajaran
Mampu memahami ruang lingkup dan pendekatan historiografi umum dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Mampu menjelaskan perkembangan penulisan sejarah di berbagai belahan dunia secara kronologis sebagai bagian integral dari sejarah penulisan sejarah.
Mampu menganalisis kontribusi ahli sejarah dalam perkembangan ilmu sejarah secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual, serta mengimplementasikannya dalam bentuk historiografi.
Feldherr, Andrew & Hardy, Grant (eds.). 2011. The Oxford History of Historical Writing. Volume 1: Beginnings to A.D. 600. Oxford: Oxford University Press
Foot, Sarah & Robinson, Chase F (eds.). 2012. The Oxford History of Historical Writing. Volume 2: 400-1400. Oxford: Oxford University Press
Kartodirdjo, S. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia
Kartodirdjo, S. 2017. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak
Nordholt, Henk Schulte. dkk (eds.). 2013. Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia. Jakarta: YOI dan KITLV-Indonesia
Ridho’i, Ronal dkk (eds.). 2015. Perkembangan Mutakhir Historiografi Indonesia: Orientasi Tema dan Perspektif. Yogyakarta: Departemen Sejarah FIB UGM
Sapto, A. 2003. Kontribusi Historiografi Yunani dan Romawi Pada perkembangan Ilmu Sejarah. Sejarah. Kajian Sejarah dan Pengajarannya. Tahun kesembilan, N0m0r 2, September. Malang: Jurusan Sejarah
Taufik Abdullah dan Abdurrachman Surjomihardjo. 1985. Ilmu Sejarah dan Historiografi: Arah dan Perspektif. Jakarta: PT. Gramedia
- Teacher: Ronal Ridhoi