Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menilai status gizi pada individu dan populasi. Mata kuliah ini membahas konsep penilaian status gizi baik secara langsung (pengukuran antropometri, biokimia, fisik dan klinis) dan tidak langsung (pengukuran dietary dan variabel ekologi). Mahasiswa difasilitasi untuk mengaplikasikan penilaian status gizi pada setting individu dan populasi. Kajian topik meliputi definisi, prosedur pengukuran, interpretasi hasil, kelebihan dan kekurangan untuk masing-masing metode penilaian status gizi, serta kesalahan pengukuran status gizi yang mungkin timbul.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menerapkan metode pengukuran antropometri, biokimia, fisik dan klinis dalam penilaian status gizi individu dan populasi
  • Mahasiswa mampu menjelaskan metode pengukuran dietary dan variabel ekologi dalam penilaian status gizi tidak langsung
  • Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan (sources of error) berbagai pengukuran status gizi
  • Mahasiswa mampu menerapkan metode pengukuran antropometri, biokimia, fisik dan klinis dalam penilaian status gizi individu dan populasi
  • Mahasiswa mampu menjelaskan metode pengukuran dietary dan variabel ekologi dalam penilaian status gizi tidak langsung
  • Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan (sources of error) berbagai pengukuran status gizi
Daftar Pustaka:
  • Supariasa, Bakri dan Fajar. 2016. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
  • Gibson R. 2005. Principle of Nutritional Assessment. Oxford University Press.
  • Nieman, D. 2019. Nutritional Assessment. United States of America: Mc Graw-Hill Education.
  • Frisancho, A.R. 2011. Anthropometric Standards: An Interactive Nutritional Reference of Body Size and Body Composition for Children and Adults. The United States of America: University of Michigan Press.
  • PMK No 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak.
  • Mann, J and Truswell, A.S. 2002. Essentials of Human Nutrition. New York: Oxford University Press.