Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A3B-A3B
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan manajemen pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, arti penting, struktur, desain, dan model organisasi pendidikan luar sekolah dan organisasi pendidikan berbasis sistem persekolahan, serta mendisain organisasi kependidikan. Mata kuliah ini memberikan bekal mahasiswa dalam memahami organisasi pendidikan dan keterampilan yang harus dimiliki dalam mendisain organisasi pendidikan lain. Identifikasi masalah lapangan terkait proses pengorganisasian pendidikan menggunakan pendekatan case method termasuk pemecahannya.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami arti dan konsep organisasi kependidikan
  • Memahami dan menganalisis tentang pentingnya organisasi pendidikan dalam melaksanakan keefektifan pencapaian tujuan pendidikan
  • Menerapkan struktur, desain dan model organisasi pendidikan luar sekolah
  • Menerapkan struktur, desain dan model organisasi pendidikan berbasis sistem persekolahan
  • Menganalisis kebutuhan dalam mendisain organisasi kependidikanMenguasai Sensus data perencanaan pendidikan
  • Menguasai Aplikasi perencanaan pendidikan dalam RAKS/RKS.
Daftar Pustaka:
  • Alpisah, A. 2022. Organisasi Lembaga Pendidikan dalam Manajemen Administrasi Sekolah. Artikel Mahasiswa, 1(1), 49–62.
  • Aryanto, R. W., Astuti, E.S., Kumadji, S. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja (Kajian pada Karyawan Koperasi Grup Cipta Sejahtera). Jurnal Profit| Volume. 13 Nomor 2.
  • Daft, R.L. & Steers, R. M. 2014. Organization: a Micro/Macro Approach. New York: Scoot, Foresman & Company.
  • Deepublish Store. 2021. Pengertian Organisasi: Manfaat, Tujuan, Ciri-ciri, Unsur dan Konsepnya. https://deepublishstore.com/blog/pengertian-organisasi/ Diakses: 29.06.2023 05:24
  • Eliandy, R.R., Adila, R., Hasibuan, E. A., Ababiel, R., 2021. Karakteristik, Jenis dan Satuan Pendidikan Luar Sekolah. ITTIHAD, Vol. V, No. 1.
  • Haromain. 2020. Kajian Budaya dan Iklim dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan di Bidang Administrasi Pendidikan. 10 Nomor 2.
  • Irawan, B. 2018. Organisasi Formal dan Informal: Tinjauan Konsep, Perbandingan, dan Studi Kasus. Jurnal Administrative Reform, Vol 6, No 4.
  • Latar, B. 2020. Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara Volume 1, Nomor 2.
  • Lingkar LSM. 2013. Dasar Mendirikan Organisasi. https://lingkarlsm.com/dasar-mendirikan-organisasi/. Diakses: 29.06.2023 Masrur, M. 2019. Konsep Pengorganisasian dalam Perspektif Islam. Program
  • Doktor Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
  • Nasrudin, A. 2022. Struktur Organisasi Formal: Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan. https://cerdasco.com/struktur-organisasi-formal/ Diakses: 29.06.2023
  • Saadah, M.,2016. Urgensi Peta Pengetahuan bagi Pengembangan Organisasi.
  • Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 1, Nomor 2.
  • Sagala, S. 2009. Memahami Organisasi Pendidikan: Pemberdayaan Organisasi Pendidikan yang Lebih Profesional dan Dinamis dari Aspek Desain, Budaya, Reinventing di Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  • Siagian, S.P. 2014. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Soetopo, H. 2010. Perilaku Organisasi: Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.