Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mengkaji tentang Participatory Rural Appraisal (PRA); Kaji-Tindak Partisipatif (KTP); Participatory Research and Development (PRD); Rapid Rural Appraisal (RRA); Participatory Action Research (PAR); PPKP (Pemahaman Partisipatif Kondisi Pedesaan); Participatory Learning Methods (PLM); dan Metodologi Participatory Assessment (MPA)
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Mahasiswa mampu responsive dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan Ipteks
  • Mahasiswa memahami konsep dasar dalam analisis pemetaan sosial
  • Mahasiswa terampil dalam mengkaji masalah dan menemukan solusi penyelesaian
  • Mahasiswa mampu memahami masyarakat sesuai dengan hasil kajian analisis sosial dan pemetaan sosial (
Daftar Pustaka:
  • Hikmat, Harry. 2001. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: Humaniora Utama.
  • LCC (League of California Cities). 1977.“Problem Analysis: Data Collection Technique”, dalam Gilbert, Neil dan Harry Specht, Planning for Social Welfare: Issues, Models and Tasks, New Jersey: Prentice-Hall, hal. 311-323.
  • Netting, F. Ellen, Peter M. Kettner dan Steven L. McMurtry. 1993. Social Work Macro Practice, New York: Longman.
  • Suharto, Edi .1997. Pembangunan, Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial: Spektrum Pemikiran, Bandung: Lembaga Studi Pembangunan STKS (LSP-STKS).
  • -------- .2002. Profiles and Dynamics of the Urban Informal Sector in Bandung: A Study of Pedagang Kakilima, unpublished PhD thesis, Palmerston North: Massey University
  • Twelvetrees, A. 1991. Community Work, London: McMillan.
  • Warren, R. L. 1978. The Community in America, Chicago: Rand McNally.
  • World Bank .2002. Monitoring and Evaluation: Some Tools, Methods and Approaches, Washington D.C.: The World Bank.