Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B22-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Manajemen Sumber Belajar merupakan matakuliah teori dan praktik yang dapat dijadikan mahasiswa dalam mengimplementasikan Pengetahuan dan keterampilan Profesional dalam upaya merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan menilai Manajemen Sumber Belajar dalam lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam suatu komunitas praktik yang mendukung. Desain dan Pengembangan Manajemen Sumber dan Lingkungan Belajar memberikan landasan bagaimana melakukan Assessing/ Evaluasi, Praktik Kolaboratif, melakukan praktik profesional dan Kepemimpinan yang berlandaskan Kode Etik profesi Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mempunyai kemampuan dalam menganalisis, menafsirkan untuk dijadikan landasan pada kegiatan pengembangan dan implementasi Manajemen Sumber Belajar secara profesional dan konsep penilaian, evaluasi berdasar konteks Manajemen Sumber Belajar pembelajaran dalam mewujudkan kurikulum.
  • Mahasiswa memiliki sikap dalam menghargai berbagai pendapat dalam konteks keilmuan Manajemen Sumber Belajar, kepekaan terhadap kebutuhan pebelajar sebagai pengguna hasil keilmuan kurikulum, serta menggunakan etika akademik dalam mengevaluasi Pengelolaan Sumber Belajar sebagai salah satu bagian lingkungan belajar secara responsif dan adaptif
  • Mahasiswa menunjukkan kemampuan logis, kritis dan inovatif dalam melakukan internalisasi Manajemen Sumber Belajar yang menjadi landasan untuk menguatkan kemampuan memutuskan secara profesional bagaimana melakukan pengembangan, penggunaan dan pengelolaan Manajemen Sumber Belajar baik secara individu maupun kelompok. Secara khusus mahasiswa memiliki kemampuan bagaimana berkolaborasi, menganalisis pebelajar sehingga memiliki landasan dalam mengembangkan, mengevaluasi Manajemen Sumber Belajar.
  • Mahasiswa memiliki kemampuan kepemimpinan dalam memimpin teman sejawat untuk melakukan Manajemen Sumber Belajar dalam konteks pembelajaran dan teknologi, dalam wujud kemampuan medesain penilaian dan memperbaiki Manajemen Sumber Belajar berlandaskan kode etik, budaya, dan menghormati keragaman
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.