Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengkaji konsep dan prinsip dasar evaluasi pembelajaran sejarah, tujuan, jenis, teknik dan instrumen evaluasi, kualitas soal yang digunakan meliputi tingkat Kesulitan, daya beda, validitas, reliabilitas, keefektivas pengecoh, dan model-model evaluasi program pembelajaran dan pendidikan sejarah
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis, memverifikasi, dan mengembangkan konsep, prinsip, teknik, dan soal evaluasi pembelajaran dan program pendidikan sejarah secara kreatif dan inovatif
Daftar Pustaka:
  • Anderson, LW. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’sTaxonomy of Educational Objectives.New York: Pearson, Allyn & Bacon
  • Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  • Arikunto, S. & Abdul Jabar, CS. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara
  • Azwar,S. 2005. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Grounlund, N.E. 1981. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing
  • Grounlund, N.E. 2009. Assessment of Student Achievement. Ohio: Pearson Educational. Ltd
  • Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia
  • Miller, MD., Linn, RL, Grounlund, NE.(2009) Meassurement and Assessment in Teaching. New Yersey: Pearson Education Inc
  • O’Neil, HF., Perez, RS., Baker, EL (2014).Teaching and Measuring Cognitive Readiness. Los Angeles,: National Center for Research on Evaluation Standards, and Student Testing (CRESST)
  • Secolsky, C & Denison, DB (ed.) Handbook on Assesment, Measurement and Evaluation in Higher Education. New York and London: Routledge Taylor and Francis Group
  • Shermis, MD and Di Vesta, FJ.(2011). Classroom Assessment In Action, Maryland: Rowman & Littlefi eld Publishers, Inc
  • Stamboel.CS. 1986. Prinsip dan Teknik Pengukuran dan Penilaian di Dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya
  • Weinstock.P., et al.2011. Teaching American History Evaluation. FinalReport. Washintong D.C. U.S. Department of Education, Office of Planning, Evaluation and Policy Development, Policy and Program Studies Service
  • Williams, DD, Hricko, M, and Scott L. Howell, SL. (ed). (2006). Online Assessment, Measurement, and Evaluation : Emerging Practices . London: Information Science Publishing