Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
C-A11
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang penilaian, evaluasi proses, dan hasil belajar bidang teknik dan kejuruan; melakukan tindakan reflektif dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan perbaikan pembelajaran berkelanjutan.
Capaian Pembelajaran
  • Merumuskan konsep dasar pengukuran, penilaian, dan evaluasi;
  • Menelaah paradigma pengukuran, penilaian, evaluasi berbasis kompetensi;
  • Merumuskan konsep evaluasi proses dan hasil pembelajaran
  • Merumuskan indikator kompetensi
  • Merumuskan validitas dan reliabilitas
  • Merumuskan tingkatan ranah (kognitif, afektif, psikomotor)
  • Menyusun instrumen kognitif, psikomotor dan afektif
  • Menyusun instrumen pengukuran
  • Menganalisis butir instrumen pengukuran (objektif dan subjektif tes)
  • Menelaah acuan norma dan acuan patokan
  • Menganalisis hasil penilaian pembelajaran
  • Menyusun laporan hasil belajar
  • Menilai evaluasi pembelajaran (Model-model evaluasi)
Daftar Pustaka:
  • Djemari Mardapi. 2007. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogjakarta: Mitra Cendekia
  • Marzano, R.J. 2006. Classroom Assessment & Grading that Work. Alexandria: ASCD.
  • Sutrisno. 2007. Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Bidang Kejuruan. Bahan Ajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
  • Tayibnapis, F.Y. 2007. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Waras Kamdi. 2006. Evaluasi Pembelajaran. Bahan Pelatihan Peningkatan Mutu Pembelajaran. Malang: LP3 UM.