Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-AKK
Deskripsi:
Dasar manajemen mutu meliputi pengertian, tujuan, fungsi dan manfaat manajemen mutu; Pendekatan terhadap mutu; jaminan mutu (quality assurance) yaitu penjelasan tentang jaminan mutu pelayanan di institusi kesehatan; utilization review yaitu penjelasan, pengertian dan penerapannya; Total Quality Management (TQM) yaitu penjelasan mengenai mutu pelayanan manajemen terpadu dan penerapannya; Gugus Kendali Mutu (GKM) meliputi penjelasan, pengertian dan penerapannya; quality assessment meliputi penjelasan, pengertian dan penerapannya; konsep Quality Assurance (QA), Quality Control (QC) dan Quality Improvement (QI); Problem Solving and Better Health (PSBH), Akreditasi, ISO 9001; Konsep QA dengan International Organization for Standardization (ISO), Malcolm Baldrige sebagai aplikasinya; Konsep Quality Improvement (QI) dan tools yg digunakan; aplikasi QC dan Problem Solving for Better Health (PSBH) di institusi kesehatan; implementasi akreditasi, ISO 9001 di institusi kesehatan.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami konsep manajemen mutu pelayanan kesehatan
  • Mampu mempelajari penerapan manajemen mutu dalam pelayanan kesehatan
Daftar Pustaka:
  • Muninjaya, Gde, 2015. Mutu pelayanan kesehatan, Edisi 2. Jakarta: EGC.
  • ENQA, 2009. Standards and guidelines for quality assurance in the european higher education area. 3rd edition. Helsinki.
  • Kiran, D. R., 2017. Total quality management: Key concepts and case studies.
  • Visscher, A. J., 2009. Improving quality assurance in European vocational education and training: Factors influencing the use of quality assurance findings. Dordrecht: Springer.
  • Donabedian, A., 2002. An introduction to quality assurance in health care. New York: Oxford University Press.
  • Supriyanto, S., dan Wulandari, R. D., 2007. Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Surabaya: Health Advocacy.
  • Zeithaml, V. A., 2009. Delivering quality service. New York: The Free Press.